Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Powtoon pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya di tingkat SMP.

Permatasari, Annisaa Dwi Ayu (2021) Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Powtoon pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya di tingkat SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annisaa Dwi Ayu Permatasari_T201710096.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Klasifikasi Materi dan Perubahannya, Media Pembelajaran IPA, Powtoon. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran IPA dalam penelitian ini berdasarkan masalah yang peneliti temukan di SMP Negeri 1 Gending, yaitu kurangnya semangat belajar siswa khususnya dalam pembelajaran online di masa pandemi saat ini. Siswa cenderung mengalami kebosanan dengan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran juga sangat kurang karena sangat sedikit guru yang paham akan teknologi. Mengingat banyaknya materi yang harus dicerna oleh siswa, guru juga perlu memanfaatkan sebuah media pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis Powtoon ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut agar siswa kembali semangat dalam belajar dan proses pembelajaran bisa menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas pengembangan media pembelajaran Powtoon pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya di tingkat SMP, serta untuk mendeskripsikan hasil respons siswa terhadap pengembangan media pembelajaran Powtoon pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya di tingkat SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Peneliti menerapkan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu define, design, development dan dissemination. Namun pada penelitian kali ini peneliti membatasi hingga pada tahap pengembangan (Development) saja. Penelitian ini melibatkan satu validator ahli media, satu validator ahli materi, dua guru IPA, dan 45 siswa kelas VII SMPN 1 Gending, Probolinggo sebagai responden. Berdasarkan penelitian dan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Powtoon yang telah dilakukan memperoleh hasil yaitu persentase nilai validasi ahli media adalah 95%, persentase nilai validasi ahli materi adalah 89%, dan persentase nilai validasi oleh guru adalah 88%. Rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi adalah 90,6% sehingga media pembelajaran tersebut dapat termasuk dalam kategori sangat valid. Uji respons siswa dengan skala kecil menghasilkan persentase yaitu 86% dan uji respons siswa skala besar menghasilkan persentase yaitu 89%, sehingga media pembelajaran tersebut termasuk dalam kriteria sangat menarik. Komentar dan Saran secara umum mengatakan bahwa video pembelajaran sangat menarik dan sangat mendukung dalam proses pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 May 2023 04:35
Last Modified: 03 May 2023 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22936

Actions (login required)

View Item View Item