Damayanti, Aprilia (2021) Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2017-2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Aprilia Damayanti_E20173069.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nilai perusahaan merupakan harga yang harus dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan dijual. nilai perusahaan didefinisikan sebagai nilai pasar. Nilai perusahaan juga sering diartikan sebagai presepsi atau pandangan investor terhadap tingkat keberhasilan suatu perusahaan yang sering berkaitan dengan harga saham. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Apakah Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia? (2) Apakah Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia? (3) Apakah pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia? Tujuan penelitian, yaitu: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas secara simultan apakah berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Teknik pemilihan sample dengan purposive sampling dan diperoleh sample sebanyak 32 perusahaanAnalisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hiporesis menggunakan uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa baik secara parsial pengungkapan CSR tidak berpengaruh secara signifikan. Untuk profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan pengungkapan CSR dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Ini menunjukkan perusahaan mengeluarkan biaya untuk program CSR akan ditutupi oleh keuntungan (profit) yang akan diterima perusahaan. Sehingga semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan maka semakin besar pengungkapan informasi sosial yang tentunya dapat mengdongkrak reputasi atau nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 03 May 2023 04:35 |
Last Modified: | 03 May 2023 04:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22940 |
Actions (login required)
View Item |