Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Berbasis Lingkungan pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs.

Erawati, Avrina (2021) Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet Berbasis Lingkungan pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Avrina Erawati_T201710066.pdf

Download (26MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, E-Booklet, Pencemaran Lingkungan. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pengetahuan yang terdapat di alam berupa fakta, konsep, dan hukum yang telah mengalami uji kebenaran melalui metode ilmiah. Dalam proses pembelajaran IPA, peserta didik berkesempatan untuk menjelajahi dan memahami sendiri apa yang terdapat di alam sekitar secara ilmiah melalui konsep IPA Salah satu materi IPA adalah materi Pencemaran Lingkungan dengan karakteristik pengetahuan konseptual dan faktual. Berkaitan dengan hal tersebut, di sekitar SMP Unggulan Astra Nawa memaparkan lingkungan tercemar sehingga dapat dilakukan observasi untuk media pembelajaran e-booklet berbasis lingkungan yang menyajikan hasil observasi berupa foto lingkungan tercemar. Hasil wawancara guru IPA kelas VII di SMP Unggulan Astra Nawa terdapat kendala dalam pembelajaran IPA yaitu, kurangnya penggunaan media yang bervariatif. Berdasarkan angket analisis kebutuhan siswa diperoleh persentase 83,3% siswa menyatakan perlunya menggunakan media yang menampilkan gambar dan 91,7%, menyatakan perlunya penggunaan media elektronik yang menarik dalam proses pembelajaran. Melalui angket analisis gaya belajar diperoleh persentase yang menunjukkan kesesuaian e-booklet yaitu, 71% siswa memiliki kencenderungan gaya belajar visual serta di sekolah tersebut tersedianya fasilitas penunjang media e-booklet berupa LCD proyektor dan siswa diperbolehkan menggunakan handphone pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran e-booklet berbasis lingkungan pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa kelas VII SMP/MTs; (2) Untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap pengembangan media pembelajaran e-booklet berbasis lingkungan pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penilaian produk untuk validasi media pembelajaran e-booklet yaitu ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji respons siswa dalam penelitian ini yaitu 6 siswa dalam uji respons skala kecil dan 32 siswa dalam uji respons skala besar. Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata persentase uji validasi ahli materi sebesar 80,66%, ahli media sebesar 94,28% dan guru IPA sebesar 95,29% dengan memenuhi kategori sangat valid. Hasil respons uji coba skala kecil diperoleh rata-rata persentase sebesar 85,47% dengan kategori sangat valid, dilanjutkan uji coba skala besar diperoleh rata-rata persentase sebesar 86,56% dengan kategori sangat valid sehingga media pembelajaran e-booklet dapat digunakan dalam proses pembelajaran tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 May 2023 06:59
Last Modified: 03 May 2023 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22960

Actions (login required)

View Item View Item