fektivitas Penggunaan QRIS Pada Transaksi Penjualan Potato Life di Roxy Jember.

Hanina, Azma (2021) fektivitas Penggunaan QRIS Pada Transaksi Penjualan Potato Life di Roxy Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Azma Hanina_E20172041.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Efektivitas, QRIS, dan Transaksi Penjualan. Dalam mewujudkan sistem pembayaran yang mudah, aman, dan efisien. Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) terus melakukan penyempurnaan dan pengembangan sistem pembayaran QRIS agar efektif. Pengembangan ini bertujuan untuk mengurangi risiko pembayaran antar bank dan peningkatan efisiensi pelayanan jasa sistem pembayaran nontunai. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik penggunaan QRIS pada transaksi penjualan Potato Life di Roxy Jember? 2) Bagaimana efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan Potato Life di Roxy Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui praktik penggunaan QRIS pada transaksi penjualan Potato Life di Roxy Jember. 2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan Potato Life di Roxy Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Potato Life yang bertempat di Jember Roxy Square. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung selama 1-2 minggu yang dimulai pada minggu ke-4 bulan Juli dan berakhir pada minggu ke-1 bulan Agustus 2021. Penentuan informan menggunakan teknik sampling jenuh dan incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan 1)Praktik penggunaan QRIS pada transaksi penjualan Potato Life di Roxy Jember diawali dengan pembeli yang menyampaikan kepada karyawan untuk melakukan pembayaran dengan nontunai, maka karyawan akan mengarahkan pembeli untuk memindai QR Code kemudian mengetik jumlah nominal yang akan dibayarkan, lalu saldo pembeli otomatis berkurang. 2) Efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi penjualan Potato Life di Roxy Jember mengacu pada pengukuran keberhasilan sistem informasi, terdapat 6 indikator yaitu diantaranya: Kualitas sistem, Kualitas informasi, Kualitas pelayanan, Pengguna, Kepuasan pengguna, dan Keuntungan bersih. Berdasarkan hasil analisis penulis dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 May 2023 07:16
Last Modified: 03 May 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22964

Actions (login required)

View Item View Item