PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 06 JEMBER

Liza, Camelia (2023) PENERAPAN METODE CROSSWORD PUZZLE DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 06 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
LIZA FATIMAH NUR DINI CAMELIA_T20181282.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam UU SIDIKNAS 2003 menyatakan bahwa pendidikan agama merupakan sumber
nilai dan bagian dari pendidikan nasional. Salah satu dari metode pembelajaran aktif yaitu
metode Crossword Puzzle. Metode inilah yang penyusun terapkan kepada subyek
penelitian dalam Kegiatan Pembelajaran siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas
8 di MTsN 6 Jember.
Fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode Crossword
Puzzle pada tahap persiapan dalam kegiatan pembelajaran siswa pada mata pelajaran
aqidah akhlak kelas 8 di MTsN 6 Jember? (2) Bagaimana penerapan metode Crossword
Puzzle pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran siswa pada mata pelajaran
aqidah akhlak kelas 8 di MTsN 6 Jember? (3) Bagaimana penerapan metode Crossword
Puzzle pada tahap evaluasi dalam kegiatan pembelajaran siswa pada mata pelajaran
aqidah akhlak kelas 8 di MTsN 6 Jember?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1)
Mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Crossword Puzzle pada tahap persiapan
dalam kegiatan pembelajaran siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas 8 di MTsN 6
Jember. (2) Mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Crossword Puzzle pada
tahap pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak
kelas 8 di MTsN 6 Jember. (3) Mendeskripsikan Bagaimana penerapan metode
Crossword Puzzle pada tahap evaluasi dalam kegiatan pembelajaran siswa pada mata
pelajaran aqidah akhlak kelas 8 di MTsN 6 Jember?.
Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Teknik wawancara menggunakan teknik
wawancara semiterstruktur, observasi non pasrtisipan, dan dokumentasi analisis data
menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Sugiyono. Keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini meliputi: 1. Pada tahap persiapan: (a) Perencanaan berupa
RPP (b) Kegiatan pendahuluan. (c) Tahap persiapan, terdapat langkah yang terdapat pada
point 1,2, dan 3 guru lakukan yaitu memberikan pengantar mengenai arahan pengerjaan
dan kata kunci yang ada di lembar kerja teka-teki silang yang mana lembar kerja ini di
bagikan kepada seluruh siswa di kelas 8e secara individu. 2. Pada tahap pelaksanaan: (a)
siswa mengerjakan lembar kerja secara individu dengan durasi 20 menit dan
pengoreksian lembar kerja secara bersama-sama. Sesuai dengan teori Isnu Hidayat yang
terdapat pada langkah-langkah point 4 dan 5. (b) Sesi pembahasan jawaban bersamasama guru menunjuk secara acak kepada beberapa siswa untuk menjelaskan jawaban dari
teka-teki silang sesuai materi yang telah mereka pahami. 3. Pada tahap evaluasi. Penilaian
di ambil melalui penilaian tes ranah kognitif dan non tes ranah afektif, penilaian tes-nya
diambil dari tugas lembar kerja teka-teki silang. Sedangkan penilaian non tes diambil dari
perilaku siswa sehari-hari dan pujian terhadap peserta didik yang giat dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Liza L Moh. Zaeni
Date Deposited: 03 May 2023 07:42
Last Modified: 03 May 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22966

Actions (login required)

View Item View Item