KEPEMIMPINAN MUDIR DALAM MENGEMBANGKAN PERFORMA MA'HAD ALY (Studi Multisitus pada Ma'had Aly Nurul Qarnain Jember dan Ma'had Aly Nurul Qadim Probolinggo)

Mudarris, Badrul (2021) KEPEMIMPINAN MUDIR DALAM MENGEMBANGKAN PERFORMA MA'HAD ALY (Studi Multisitus pada Ma'had Aly Nurul Qarnain Jember dan Ma'had Aly Nurul Qadim Probolinggo). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Badrul Mudarris_0841917002.pdf

Download (7MB)

Abstract

Keywords : Kepemimpinan Mudir, Performa Ma’had Aly Penelitian tentang kepemimpinan Mudir ma’had aly menarik untuk diteliti karena mempunyai dua paradigma kepemimpinan; pertama, kepemimpinan akademik yaitu kepemimpinan yang setara dengan rektor, kedua; kepemimpinan non akademik yaitu kepemimpinan yang setara dengan kiai. Perkembangan ma’had aly menjadi pendidikan tinggi formal menarik perhatian peneliti untuk melihat praktik dan gaya kepemimpinannya dalam mengelola tantangan internal dan eksternal. Kepemimpinan Mudir layak diajukan sebagai pendekatan baru dalam disiplin manajemen pendidikan Islam di Indonesia. Fokus penelitian yaitu; bagaimana visi pengembanganMa’had Aly Nurul Qarnain Jember dan Ma’had Aly Nurul Qadim Probolinggo?, bagaimana strategimudir dalam mengembangkanperforma Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember dan Ma’had Aly Nurul Qadim Probolinggo? Dan bagaimanakinerja mudir dalam mengembangkan performa Ma’had Aly Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember dan Ma’had Aly Nurul Qadim Probolinggo?. Tujuan penelitianini untuk mendeskripsikan visi pengembanganMa’had Aly Nurul Qarnain Jember dan Ma’had Aly Nurul Qadim Probolinggo?, mendeskripsikanstrategi mudir dalam mengembangkan performaMa’had Aly Nurul Qarnain Jember dan Ma’had Aly Nurul Qadim Probolinggo? dan mendeskripsikankinerja mudir dalam mengembangkan performa Ma’had Aly Ma’had Aly Nurul Qarnain Jember dan Ma’had Aly Nurul Qadim Probolinggo?. Temuan penelitian ini adalah pertama, visi pengembangan ma’had aly meliputi indikator keberhasilan, tujuan utama, visi dan misi serta program strategis. Visi pengembangan menjadi pusat pengembangan kelembagaan. Kedua, strategiMudir meliputi pembentukan tim kerja, menggerakkan tim kerja, melaksanakan supervisi dan evaluasi, membangun jejaring dan melakukan kerja sama. Komunikasi merupakan inti kepemimpinan. Apabila komunikasi Mudir berjalan efektif, maka visi pengembangan dapat diterima oleh pengikutnya sehingga mencapai keberhasilan secara efektif dan produkif. Ketiga, kinerja mudir meliputi akademik, kemahasantrian dan pengabdian. Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan moderat yaitu kemampuan mudir mengorkestrasi sumberdaya untuk mencapai performa ma’had aly melalui visi pengembangan, strategi mudir dan kinerja mudir.Temuan tersebut menyempurnakan teori Hersey dan Blanchard mengenai kepemimpinan situasional. Penelitian ini berkonstribusi pada aspek spiritualitas yang absen di dalam teori kepemimpinan situasional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 May 2023 07:16
Last Modified: 03 May 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22967

Actions (login required)

View Item View Item