Analisis Penerapan Quality Control Pada Home Industry Enaqween Dimsum Di Kebonsari Kabupaten Jember

Hasanah, Insiyatul (2023) Analisis Penerapan Quality Control Pada Home Industry Enaqween Dimsum Di Kebonsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Watermak INSIYATUL HASANAH_E20172190.pdf

Download (4MB)

Abstract

Insiatul Hasanah, Suprianik, SE,M. Si. 2022: Analisis Penerapan Quality Control Pada home industry Enaqween Dimsum Di Kebonsari Jember.
Pengendalian mutu atau sering disebut Quality Control merupakan salah satu fungsi yang terpenting bagi suatu perusahaan. Setiap perusahaan memiliki standarnya masing-masing dalam pengendalian mutu, standard produk ini berasal dari konsumen dan kemampuan perusahaan.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: pertama Bagaimana penerapan quality control pada proses produksi di Enaqween Dimsum di kebonsari Kabupaten Jember? kedua Bagaimana peran quality control pada jumlah penjualan di Enaqween Dimsum?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Quality Control pada Enaqween Dimsum di Kebonsari Kabupaten Jember dan untuk mengetahui peran Quality Control pada jumlah penjualan di Enaqween Dimsum.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan menyajikan gambaran lengkap, meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan di Enaqween Dimsum. Subyek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah dilapangan menggunakan model Miles and Hubermen. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Adapun hasil penelitian nya menunjukkan bahwa: 1) penerapan quality control di lakukan dengan cara menerapkan pengendalian mutu bahan baku, pengendalian mutu proses pengolahan, dan pengendalian mutu pada produk akhir. 2) Peran quality control yang dilakukan meningkatkan penjualan, karena pada saat sebelum menerapkan pengendalian kualiatas banyak produk cacat yang tidak lulus sortir. Sehigga berpengaruh pada omset penjualan. Dengan demikian menerapkan Quality control produk cacat berkurang dan omset penjualan meningkat.

Kata Kunci: Penerapan, Quality Control

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Insiyatul Hasanah Insiyatul
Date Deposited: 17 May 2023 04:26
Last Modified: 17 May 2023 04:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22975

Actions (login required)

View Item View Item