Pengembangan Media Pembelajaran Mobile learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII MTs Syirkah Salafiyah

Aziziyah, Choula Afifah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Mobile learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII MTs Syirkah Salafiyah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Choula Afifah Aziziyah_T201710082.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Mobile learning, Pendekatan Saintifik, Pencemaran Lingkungan Mobile learning adalah model pembelajaran yang memanfaatkan perangkat mobile yang dikembangkan dengan format multimedia yang menyajikan teks, gambar, audio, dan video yang nantinya dapat diakses menggunakan Handphone. Dari analisis kebutuhan yang dilakukan bahwa perlu adanya pendekatan pada materi pencemaran lingkungan untuk menunjang pemahaman karena dianggap sulit oleh beberapa siswa di MTs Syirkah Salafiyah. Hal tersebut disebabkan karakteristik materi pencemaran lingungan termasuk faktual dan konseptual dan perlu mengamati berdasarkan fakta yang ada. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya media pembelajaran mobile learning berbasis pendekatan saintifik untuk pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran mobile learning berbasis pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan untuk VII di MTs Syirkah Salafiyah. (2) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran mobile learning berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA pokok bahasan Pencemaran Lingkungan kelas VII di MTs Syirkah Salafiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan R&D (Research & Development) dengan model Dick and carey yang telah diadaptasi kedalam penelitian pengembangan menjadi 5 tahapan yaitu Tahap I Mengidentifikasi Kebutuhan, Tahap II Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran, Melakukan Analisis Pembelajaran, Mengidentifikasi Karakteristik Siswa, Menulis Tujuan Pembelajaran, Mengembangkan Instrumen Penilaian. Tahap III Mengembangkan Strategi Pembelajaran, Tahap IV Penyusunan Media Pembelajaran, dan Tahap V Melakukan Evaluasi Formatif dan Merevisi Produk Pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis pendekatan saintifik berdasarkan penilaian ahli materi memenuhi kriteria validasi yaitu 96,36%, ahli media 87%, dan respon siswa menyatakan menarik 91,81%, sehingga media pembelajaran mobile learning yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan menarik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: media pembelajaran mobile learning berbasis pendekatan saintifik sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran dan memenuhi kriteria menarik untuk digunakan pada mata pelajaran pencemaran lingkungan di MTs Syirkah Salafiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 May 2023 09:01
Last Modified: 03 May 2023 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22977

Actions (login required)

View Item View Item