UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK DISLEKSIA DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORIAL, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA BIDANG STUDI PAI KELAS 7 DI SMPN 01 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2022/2023

Rahmawati, Suci (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK DISLEKSIA DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORIAL, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA BIDANG STUDI PAI KELAS 7 DI SMPN 01 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SUCI RAHMAWATI_T20181307.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Suci Rahma Wati, 2022: Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak Disleksia dengan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditorial, Visual dan Intelektual) Pada Bidang Studi PAI Kelas 7 di SMPN 01 PAKUSARI

Kata Kunci: Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar, Anak Disleksia, Pendekatan SAVI (Somatic, Auditorial, Visual, dan Intelektual)

Disleksia merupakan salah satu jenis kesulitan belajar, utamanya kesulitan dalam membaca dan menulis yang biasanya dialami oleh beberapa anak di dunia ini. Oleh karena masih banyaknya siswa yang masih kesulitan, sebagai salah satu unsur dalam proses pendidikan dituntut untuk membantu meningkatkan keberhasilan mengajaranya dalam upaya tujuan pendidikan nasional. Pembelajaran metode tersebut berpusat pada pengembangan metode pengajaran dengan pendekatan SAVI (Somatic, Auditorial, Visual, dan Intelektual). Pendekatan SAVI yang digunakan oleh seorang guru agar dapat meningkatkan kemampuan belajar anak disleksia.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah:1) Bagaimana upaya kemampuan anak disleksia di SMPN 01 PAKUSARI? 2) Bagaimana pendekatan Somatic, Auditorial, Visual dan Intelektual dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 01 PAKUSARI ? 3) Bagaimana hasil upaya meningkatkan kemampuan belajar anak disleksia dengan pendekatan SAVI di SMPN 01 PAKUSARI ?
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulangi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : Kemampuan anak disleksia di SMPN 01 PAKUSARI adalah sama dengan anak yang normal lainnya dan telah dapat diatasi dengan baik yaitu dengan menggunakan model-model pendekatan yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam, upaya guru dalam meningkatkan kemampuan belajar anak disleksia dengan menerapkan pendekatan SAVI dan Strategi pembelajaran yang tepat. Program ini dikhususkan hanya untuk tiga kelas, Pelaksanaan ini terdiri dari 3 langkah yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Untuk teknik evaluasi yang digunakan menggunakan teknik evaluasi tulis dan lisan, instrumen evaluasinya menggunakan instrument tulis dan lisan yang disusun oleh guru PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Suci Rahmawati
Date Deposited: 05 May 2023 02:26
Last Modified: 05 May 2023 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22992

Actions (login required)

View Item View Item