implementasi manajemen kelas dalam meningkatan efektivitas pembelajaran di MA Fatihul Ulum Al Mahfudz Manggisan Tanggul

navisa, lailatul (2023) implementasi manajemen kelas dalam meningkatan efektivitas pembelajaran di MA Fatihul Ulum Al Mahfudz Manggisan Tanggul. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAILATUL NAVISA_T20193056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan manajemen kelas merupakan kegiatan pembelejaran yang berhubungan dengan pengaturan fasilitas dan pengaturan peserta didik. Oleh karena itu penerapan manajemen kelas yang baik akan menjadikan pembelajaran lebih efektif untuk peserta didik. Implementasi manajemen kelas menjadi sebuah penerapan dari rancangan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi dari manajemen kelas saat proses pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Bagaimana Perencanaan Manajemen kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul ?(2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul?(3) Bagaimana Evaluasi Manajemen kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di MA Fatihul Ulum Al-MahfudzManggisan Tanggul?
Tujuan penelitian ini adalah :(1) Untuk mengetahui Perencanaan Manajemen kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul;(2) Untuk mengetahui Pelaksanaan manajemen kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul;(3) Untuk mengetahui Evaluasi manajemen kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendektan kualitatif defkriptif, penetuan informan menggunakan metode purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:1) perencanaan manajemen kelas di MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul dilakukan dengan dua tahapan yakni tahap persiapan dan tahap perencanaan; (2) pelaksanaan manajemen kelas di MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul dilaksanakan dengan menerapkan pengaturan siswa serta pengaturan fasilitas; (3) evaluasi manajemen kelas di MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz Manggisan Tanggul dilakukan dengan melakukan ujian-ujian yang bertujuan mengetahui setiap kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lailatul Navisa Navisa
Date Deposited: 10 May 2023 08:22
Last Modified: 10 May 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22997

Actions (login required)

View Item View Item