Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran daring Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021.

Masitoh, Dewi (2021) Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran daring Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Masitoh_T20174040.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi pembelajaran kooperatif, tipe STAD, pembelajaran jarak jauh. Sebagai upaya untuk mencegah penyebararan covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah melakukan pembelajaran secara daring, salah satunya di MI Nurul Athhar yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran daring. Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru untuk lebih memperhatikan siswa, karena keterbatasan komunikasi dan interaksi antara guru dengan siswa. sistem pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan grup whatsapp. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Strategi pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana Implikasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) Di Madarsah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menjelaskan bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran jarak jauh. 2) Menjelaskan bagaimana implikasi strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripstif. Penentuan subjek menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kondensi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data, dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di MI Nurul Athhar yang direncanakan oleh Kepala Madrasah dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan membagi kelompok menjadi tujuh sesuai dengan sistem zonasi. 2) Implikasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di MI Nurul Athhar dengan guru memberikan materi dan soal pada grup whatsapp. Siswa diberi kebebasan untuk terlibat secara aktif dalam kelompok mereka, siswa harus menjadi partisipan aktif yang dapat membangun komunitas pembelajaran yang saling membantu antar satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 May 2023 07:12
Last Modified: 04 May 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23003

Actions (login required)

View Item View Item