PROSES METALITERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FUNGSI BERBASIS CONTEXTUAL MATHEMATIC DI KELAS XI PENGOLAHAN MUTU HASIL TANI (PMT) SMK NEGERI 5 JEMBER

Ashuri, Septinila (2023) PROSES METALITERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FUNGSI BERBASIS CONTEXTUAL MATHEMATIC DI KELAS XI PENGOLAHAN MUTU HASIL TANI (PMT) SMK NEGERI 5 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Septinila Ashuri_T20197048.pdf

Download (5MB)

Abstract

Septinila Ashuri, 2023: Proses Metaliterasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Berbasis Contextual Mathematic di Kelas XI Pengolahan Mutu Hasil Tani (PMT) SMK Negeri 5 Jember.

Kata Kunci: Proses, Metaliterasi, Menyelesaikan Masalah, Contextual Mathematic.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan metaliterasi siswa di kelas XI PMT SMK Negeri 5 Jember yang masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah saat pelaksanaan Ulangan Harian (UH) materi Fungsi masih banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Ketika siswa sedang menyelesaikan masalah, siswa harus mampu melakukan identifikasi masalah (produce), menentukan materi (incorporate), dan menuliskan jawaban (user), di mana ketiganya merupakan indikator metaliterasi.
Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana proses metaliterasi siswa dengan indikator produce, incorporate, dan user dalam menyelesaikan masalah fungsi berbasis contextual mathematic. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses metaliterasi siswa dengan indikator produce, incorporate, dan user dalam menyelesaikan masalah fungsi berbasis contextual mathematic.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di SMK Negeri 5 Jember. Subjek pada penelitian ini adalah tiga siswa dengan kemampuan metaliterasi dari masing-masing indikator. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan mengacu pada Miles dan Huberman yaitu data collection, reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses metaliterasi siswa dengan indikator produce memenuhi penyelesaian masalah aspek entry, untuk aspek attack dan review tidak memenuhi. Proses metaliterasi siswa dengan indikator incorporate memenuhi penyelesaian masalah aspek entry dan attack, untuk aspek review tidak memenuhi. Proses metaliterasi siswa dengan indikator user memenuhi penyelesaian masalah aspek entry, attack dan review.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Septinila Ashuri
Date Deposited: 09 May 2023 02:30
Last Modified: 09 May 2023 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23012

Actions (login required)

View Item View Item