Penggunaan Sumber Belajar Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Learning Community Di Lingkungan Pondok Pesantren Putri Pusat Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo.

Ridzal, Diana Falhabibah Saifur (2021) Penggunaan Sumber Belajar Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Learning Community Di Lingkungan Pondok Pesantren Putri Pusat Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diana Falhabibah Saifur Ridzal_T20171068.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci : Sumber Belajar, Perpustakaan, Learning Community. Sumber Belajar merupakan suatu unsur yang memiliki peranan penting dalam menentukan proses belajar agar pembelajaran menjadi efektif dan efisien dalam mencapai tujuan. perpustakaan adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya. Learning Community adalah komunitas belajar. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi sumber belajar perpustakaan di lingkungan pondok pesantren putri pusat Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo? (2) Bagaimana upaya pengurus pesantren memaksimalkan Sumber Belajar Perpustakaan dalam menumbuhkan learning community di lingkungan pondok pesantren putri pusat Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo? (3) Bagaimana penggunaan Sumber Belajar perpustakaan dalam menumbuhkan learning community di lingkungan pondok pesantren putri pusat Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi, upaya pengurus dan cara penggunaan sumber belajar perpustakaan dalam menumbuhkan learning community di lingkungan pondok pesantren putri pusat Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari milles huberman berikut langkah-langkah dari milles and huberman diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode, triangulasi teori, dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) perputakaan di pondok pesantren putri pusat Zainul Hasan Genggong sudah berbasis IT dengan kitabkitab klasik dan juga buku-buku pendidikan, terdapat 672 buku diantaranya 265 buku – buku pendidikan, 262 buku-buku non pendidikan dan juga 145 kitab-kitab (2) Melakukan penjadwalan jam kunjungan perupustkaan, Proteksi pemanfaatan buku, Seluruh buku di perpustkaan ditata menggunakan Sistem Dewey Decimal Classification (DDC), Learning Community dipilih karena agar dapat melatih mental para santri agar lebih percaya diri dalam berpendapat, dan menjelaskan materi. (3) perpustakaan dimanfaatkan sebagai penanaman sikap sadar dalam pentingnya membaca dan sumber belajar perpustakaan digunakan sebagai bahan untuk mendapatkan informasi dan sebagai rujukan dalam kegiatan Learning Community, dan untuk memaksimalkan fungsi perpustakaan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 May 2023 07:11
Last Modified: 04 May 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23016

Actions (login required)

View Item View Item