Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMPN 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2020-2021

Sari, Dwi Kartika (2021) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMPN 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Kartika Sari_T20171242.pdf

Download (29MB)

Abstract

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Strategi Pembelajaran Kecerdasan Spiritual adalah kecerdasan yang bertumpu pada qalb. Qalb inilah yang sebenarnya merupakan pusat kendali semua gerak anggota tubuh manusia. Ia adalah raja bagi semua anggota tubuh yang lain. Semua aktivitas manusia berada di bawah kendalinya. Kecerdasan spiritual mampu membuat orang mengaktualisasikan nila-nilai Ilahiah sebagai manifestasi dari aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari dan berupaya mempertahankan keharmonisan dan keselarasan dalam kehidupannya sebagai wujud dari pengalamannya terhadap tuntutan fitrahnya sebagai makhluk yang memiliki ketergantungan terhadap kekuatan yang berada diluar jangkauan dirinya, yaitu Sang Maha Pencipta. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Tulangan kabupaten Sidoarjo? 2) Bagaimana strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Tulangan kabupaten Sidoarjo? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kondisi kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Tulangan kabupaten Sidoarjo .2) Mendeskripsikan strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan sumber data atau subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang akan digunakan adalah analisis kualitatif Miles, Huberman dan Saldana yang berisi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kondisi kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Tulangan dapat dilihat dari: Kemampuan peserta didik untuk menjalankan kewajiban sebagai seorang pelajar serta sebagai umat beragama, merasakan kehadiran Tuhan dalam setiap aktivitas yang dijalani, kemampuan untuk berbuat baik terhadap sesama, selalu melibatkan Allah dalam menyelesaikan masalah. 2) Strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Tulangan diantaranya: Mengguanakan metode/strategi yang sesuai dengan karakter peserta didik, Menggunakan metode yang pernah digunakan oleh Rosulullah, Melakukan pendekatan pada peserta didik, Memberikan keteladanan terhadap peserta didik, Mengadakan program keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 May 2023 07:10
Last Modified: 04 May 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23035

Actions (login required)

View Item View Item