Manajemen Musholla Sekolah sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.

Aini, Dwi Rahayu (2021) Manajemen Musholla Sekolah sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Rahayu Aini_T20173007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen musholla sekolah, Laboratorium pendidikan karakter religius siswa Musholla sekolah merupakan suatu tempat yang berfungsi sebagai pusat kegiatan peribadatan baik bagi peserta didik, guru, maupun pihak sekolah lainnya dengan tujuan meningkatkan iman dan takwa serta membentuk kepribadian (karakter) yang baik. Dengan adanya musholla di sekolah diharapkan dapat mengatasi segala macam problema yang menyangkut pembinaan karakter siswa. Selain itu dengan adanya musholla segala kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan di kelas dapat dilaksanakan di musholla. Hal ini sesuai dengan fungsi Musholla, selain sebagai tempat sholat, musholla juga sebagai markas pendidikan. Oleh karena itu musholla tentunya perlu di-manage dengan manajemen yang cukup memadai. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program kegiatan musholla sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter religius siswa di MAN Bondowoso? 2) Bagaimana pelaksanaan program kegiatan musholla sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter religius siswa di MAN Bondowoso? 3) Bagaimana Penilaian program kegiatan musholla sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter religius siswa di MAN Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program kegiatan musholla sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter religius siswa di MAN Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program kegiatan musholla sekolah sebagai laboratoriumpendidikan karakter religius siswa di MAN Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan penilaian program kegiatan musholla sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter religius siswa di MAN Bondowoso. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini: 1) Perencanaan program kegiatan musholla sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter religius siswa di MAN Bondowoso dilaksanakan setiap awal tahun untuk merencanakan program satu tahun ke depan, yang disusun secara sistematis oleh pengurus musholla untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kegiatan pembiasaan yang Islami dengan melakukan analisis kebutuhan siswa. Program kegiatan musholla ini meliputi program harian, bulanan dan semesteran. Adapun dana yang dibutuhkan untuk pengadaan fasilitas dan penunjang program kegiatan bersumber dari infak guru dan siswa di madrasah. 2) Pelaksanaan program kegiatan musholla sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter religius siswa di MAN Bondowoso melalui kerjasama dengan semua guru dan komponen di madrasah untuk melaksanakan berbagai program kegiatan musholla sesuai dengan waktu dan strategi pelaksanaan masing-masing program kegiatan yang telah ditentukan. Pada situasi pandemi saat ini, kegiatan yang dilaksanakan hanya bersifat insidental. Sedangkan kegiatan pembiasaan dan pantauan ibadah siswa dilaksanakan via online melalui google meet dan google form. Dalam membetuk karakter siswa, dapat dilaksanakan melalui metode keteladanan, nasihat, pembiasaan, dan pemberian motivasi. 3) Penilaian/evaluasi programkegiatan musholla sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter religius siswa di MANBondowoso dilaksanakan dengan pengawasan dan pembinaan siswa baik ketika pelaksanaan kegiatan maupun pasca pelaksanaan. Penilaian ini dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan program dalam mencapai tujuan kegiatan musholla dalam membentuk karakter siswa. Penilaian ini dapat diketahui melalui keikutsertaan siswa dalam melaksanakan kegiatan, ouput atau lulusan yang memiliki karakter sesuai dengan visi, misi, dan tujuan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 May 2023 07:10
Last Modified: 04 May 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23039

Actions (login required)

View Item View Item