Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Discovery Learning pada Materi SPtLDV Kelas XI Di MA ASHRI Jember.

Machfida, Efa Fahmadia Jilan (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Discovery Learning pada Materi SPtLDV Kelas XI Di MA ASHRI Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Efa Fahmadia Jilan Machfida_T2017702.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Discovery Learning, SPtLDV Lembar Kerja Peserta Didik adalah salah satu bahan ajar cetak yang berupa lembaran-lembaran untuk digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran dengan bentuk yang lebih praktis, menarik dan mempermudah Peserta Didik dalam menerima materi. Peserta didik membutuhkan Lembar Kerja Peserta Didik untuk merangsang keingintahuan melalui proses penemuan sehingga model discovery learning sangat disarankan. Pemilihan materi pada pengembangan Lembar Kerja peserta Didik dengan model discovery learning peneliti memilih materi SPtLDV dikarenakan pada materi ini banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-haru. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model discovery learning pada Materi SPtLDV kelas XI Di MA Ashri Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Lembar kerja Peserta Didik dengan model discovery learning yang valid pada materi SPtLDV kelas XI Di MA Ashri Jember. 3) Untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Peserta Didik dengan model discovery learning yang praktis pada materi SPtLDV kelas XI di MA Ashri Jember. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap yaitu Analysis(Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah Peserta Didik kelas XI Di MA ASHRI Jember. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kevalidan yang terdiri dari validator ahli desain, validator ahli materi dan validator ahli bahasa Untuk mendapatkan data kepraktisan melalui angket respon peserta didik dan angket respon guru. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah: 1) berdasarkan dari analisis kebutuhan yakni analisis Kompetensi Inti (KI), Kompetensi dasar (KD) Indikator serta materi. Judul yang sesuai untyk lembar kerja peserta Didik (LKPD) adalah LKPD (lembar kerja peserta Didik) Dengan Model Discovery Learning.2) Tingkat kevalidan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model discovery learning pada materi SPtLDV dikatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 91,14%. Sedangkan tingkat kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model discovery learning pada materi SPtLDV. 3) untuk tingkat kepraktisan dikatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata dari angket respon peserta didik dan angket respon guru yaitu 92,55%. Dengan demikian dapat disimpulkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model discovery learning sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 May 2023 07:10
Last Modified: 04 May 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23047

Actions (login required)

View Item View Item