Rifaini, Eiliyah (2021) Penggunaan e-learning dalam Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 6 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Eiliyah Rifaini_T20179089.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tuntutan dalam era globalisasi mengacu teknologi yang semakin canggih terhadap inovasi dan kreatifitas dalam dunia pendidikan agar dapat melakukan pembaharuan terhadap pendidikan serta pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 pihak pendidikan di tuntut untu tetap melakukan pembelajaran di rumah masingmasing. E-learning adalah pembeljaran yang menggunakan bantuan elektronik dan internet, selain itu pembelajaran menggunaan e-learning juga dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. serta pembelajaran Problematika dapat diartikan permasalahan atau masalah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan web madrasah dalam pesmbelajaran IPS di MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana penggunaan whatshapp dalam pembelajaran IPS di MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penggunaan web madrasah dalam pembelajaran IPS di MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui penggunaan whatshapp dalam pembelajaran IPS di MTsN 6 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, keabsahan data pada penelitian ini terdapat dua macam yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberment. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Penggunaan web madrasah dilandasi dengan adanya surat edaran dari mendikbud No 4 Tahun 2020 yang mengharuskan proses belajar mengajar dilakukan dirumah masing-masing. Kepala sekolah dan guru melakukan rapat sosialisasi dan menyepakati menggunakan web madrasah dalam pembelajaran, sehingga keluarlah surat pemberitahuan sekolah nomor: III/MI/3-c/V/ 2021 tentang pemberhentian pembelajaran tatap muka dan dialihkan melalui e-learning. meskipun dari semua itu tidak luput pada hambatan kendala atau problem yang ada seperti susah sinyal dan kuota internet yang mahal namun semuanya tetap bisa teratasi. 2) penggunaan whatsahapp pembelajaran IPS di MTsN 6 Jember bertukar informasi dan mengkomunikasikan tentang pengumpulan tugas di sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 04 May 2023 07:10 |
Last Modified: | 04 May 2023 07:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23050 |
Actions (login required)
View Item |