Rosyidah, Eliana Aida (2020) Profil Kecerdasan Visual Spasial Siswa Ekstra Akademik Matematika Kelas X.A dalam Memecahkan Masalah Geometri Ruang Berdasarkan Perbedaan Gender di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Eliana Aida Rosyidah_T20167028.pdf Download (18MB) |
Abstract
Kata Kunci : Kecerdasan visual spasial, memecahkan masalah, gender Kecerdasan suatu anugrah Tuhan yang dimiliki setiap orang. Salah satu kecerdasan yang berhubungan dengan matematika adalah kecerdasan visual spasial. Kecerdasan merupakan salah satu penentu adanya masalah. Sekitar sepertiga siswa Indonesia hanya bisa memecahkan masalah jika pertanyaan dari soal kontekstual diberikan secara eksplisit serta semua data yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal diberikan secara tepat. Pemecahan masalah tersebut dipengaruh beberapa faktor salah satunya adalah gender. Gender mempunyai hubungan erat dengan pembelajaran matematika. Oleh sebab tersebut, peneliti tertarik membahas kecerdasan visual spasial dalam memecahkan masalah berdasarkan gender. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana profil kecerdasan visual spasial siswa ekstra akademik matematika laki-laki dalam memecahkan masalah geometri ruang berdasarkan perbedaan gender di MAN 1 Jember?. 2) Bagaimana profil kecerdasan visual spasial siswa ekstra akademik matematika perempuan dalam memecahkan masalah geometri ruang berdasarkan perbedaan gender di MAN 1 Jember?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil kecerdasan visual spasial siswa ekstra akademik matematika laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah geometri ruang berdasarkan perbedaan gender di MAN 1 Jember. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dalam hal ini bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember. Subjek yang diteliti berjumlah 6 dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan dengan objek penelitian berupa kecerdasan visual spasial dalam memecahkan masalah geometri ruang berdasarkan gender. Peneliti menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang akan dilakukan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan terakhir kesimpulan. Seluruh data yang diperoleh dianalisis menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian, penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Siswa Perempuan memiliki kecerdasan visual spasial yang baik dengan subjek penelitian berjumlah tiga. Hanya terdapat sebagian kecil subjek perempuan yang kurang dalam memecahkan masalah yaitu subjek 1 kurang dalam menuangkan imajinasi ke bentuk gambar dan kurang pada konsep matematika. (2)Siswa laki-laki sedikit lebih unggul dengan predikat sangat baik dibeberapa indikator. Subjek laki-laki juga memiliki sedikit kekurangan yaitu kurang dalam menuangkan imajinasi ke bentuk gambar dan tahap pemecahan masalah kurang dalam pemahaman soal dan penentuan strategi pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 04 May 2023 07:10 |
Last Modified: | 04 May 2023 07:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23056 |
Actions (login required)
View Item |