Implementasi Metode Joyfull Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Banyuwangi Islamic School.

Alamsyah, Elmania (2020) Implementasi Metode Joyfull Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Banyuwangi Islamic School. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elmania Alamsyah_T20161211.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Joyfull Learning, Pembelajaran PAI Pembelajaran Pendidikan Agama Islam atau sering disingkat dengan PAI kurang diminati oleh peserta didik. Hal ini terbukti dengan kurangnya respon semangat ketika pembelajaran PAI dimulai, pasif, kurangnya rasa responsif pada pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya tenaga pengajar yang kompeten, mengajar dengan pemaksaan serta kurangnya waktu pada Pembelajaran. Untuk itu dengan menggunakan metode yang menyenangkan atau joyfull learning diperlukan dalam mengatasi permasalah tersebut. Data ini relasinya dengan judul “Implementasi Metode Joyfull Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School.” Memiliki fokus penelitian (1) Bagaimana implementasi metode joyful learning pada pembelajaran PAI di SMP Alam BIS. (2) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran PAI di SMP Alam BIS. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis pendekatan menggunakan narative research (penelitian naratif). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data model Miles Huberman yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangualasi teknik dan sumber Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Bagaimana implementasi metode joyful learning pada pembelajaran PAI yaitu dengan cara menerapkan outbound and moving class, outdoor class, mind mapping, pelatihan (training of trainer), game pelajaran disertai dengan iringan musik melalui pengeras suara loud speaker, disamping itu juga menerapkan hafalan dengan super memory rumus. (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran PAI di SMP Alam BIS yaitu faktor pendukungnya adalah motivasi semangat dari peserta didik untuk belajar, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kreativitas pendidik menerapkan permainan dalam mengajar menggunakan metode joyfull learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 May 2023 07:10
Last Modified: 04 May 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23057

Actions (login required)

View Item View Item