Upaya Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Online Produk Fashion oleh UPT Perlindungan Konsumen Jember Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur.

Fitriya, Elo' (2020) Upaya Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Online Produk Fashion oleh UPT Perlindungan Konsumen Jember Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elo’ Fitriya_E20162040.pdf

Download (4MB)

Abstract

Konsumen merupakan setiap orang yang menggunakan barang untuk tujuan memenuhi kebutuhan hidupnya pribadi maupun keluarga yang mana perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga menciptakan perubahan suatu ekonomi Indonesia itu sendiri. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi telah merubah kebiasaan masyarakat yang sebelumnya melakukan transaksi jual beli secara langsung atau tatap muka, kini perlahan berubah menjadi sebuah gaya baru yaitu transaksi jual beli melalui internet atau transaksi online. Hal itu diperlukan upaya dalam perlindungan konsumen terhadap transaksi jual beli online khususnya pada produk fashion oleh UPT Perlindungan Konsumen Jember Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana transaksi jual beli online produk fashion di kabupaten jember?, 2) Bagaimana upaya perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online produk fashion oleh UPT Perlindungan Konsumen Jember Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur ? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana transaksi jual beli online produk fashion di kabupaten jember? Bagaimana upaya perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online produk fashion oleh UPT Perlindungan Konsumen Jember Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur ? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan field reseach, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui hasil penelitian yang berhubungan tentang upaya perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online produk fashion yang diterapkan untuk menunjukkan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh UPT Perlindungan Konsumen Jember Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur menjadikan konsumen yang cerdas dengan mengadakan sosialisasi mengenai transaksi jual beli online itu sendiri, bisa berupa browsur, pamflet dan seminar mengenai transaksi jual beli online yang akan menjadikan konsumen cerdas dalam memilih suatu produk yang akan digunakan maupun dikonsumsi. Kata kunci : Perlindungan Konsumen, Dan Jual Beli Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 May 2023 07:09
Last Modified: 04 May 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23059

Actions (login required)

View Item View Item