Faktor-faktor yang mempengaruhi Agresivitas Pajak Perusahaan Manufaktur.

Farida, Elok Muhibbatul (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi Agresivitas Pajak Perusahaan Manufaktur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Muhibbatul Farida_E20173033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pajak merupakan salahsatu sumber pendapatan negara untuk melaksanakan kewajiban di berbagai sektor kehidupan guna mencapai kesejahteraan umum. Akan tetapi, dalam proses pemungutan pajak terdapat perbedaan kepentingan antara pemerintah dengan perusahaan. Pemerintah ingin terus mengoptimalkan penerimaan negara melalui pajak, lain halnya dengan perusahaan sebagai wajib pajak yang berusaha memperkecil jumlah pembayaran pajaknya dengan melakukan perencanaan pajak yang dikenal dengan tindakan agresivitas pajak. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi agresivitas pajak yakni pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Apakah Pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak? (2) Apakah Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak? (3) Apakah Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak? (4) Apakah Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Agresivitas Pajak? Tujuan penelitian, yaitu: (1) Untuk menemukan bukti empiris pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak. (2) Untuk menemukan bukti empiris pengaruh Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak. (3) Untuk menemukan bukti empiris pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak. (4) Untuk menemukan bukti empiris pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan secara simultan terhadap Agresvitas Pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Teknik pemilihan sampel dengan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 35 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis mengunakan uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Hasil penelitian: (1) Pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak perusahaan manufaktur. (2) Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak perusahaan manufaktur. (3) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak perusahaan manufaktur. (4) Pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak perusahaan manufaktur. Kata kunci: Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 May 2023 07:09
Last Modified: 04 May 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23060

Actions (login required)

View Item View Item