EFEKTIVITAS PEMBERLAKUAN AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH DALAM PEMBIAYAAN KPR BSI GRIYA HASANAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP BANYUWANGI S.PARMAN

Nurbaiti, Siti (2023) EFEKTIVITAS PEMBERLAKUAN AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH DALAM PEMBIAYAAN KPR BSI GRIYA HASANAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP BANYUWANGI S.PARMAN. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI NURBAITI_E20191180.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Nurbaiti, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag, M.E.I, 2023: Efektivitas Pemberlakuan Akad Musyarakah Mutanaqisah Dalam Penjualan KPR BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman
Kata Kunci: BSI Griya Hasanah, Efektivitas, Musyarakah Mutanaqisah
Untuk memenuhi kebutuhan kepemilikan rumah Bank Syariah Indonesia (BSI) menawarkan produk pembiayaan BSI Griya Hasanah. Yang mana pembiayaan BSI Griya Hasanah ini bisa menjadi pilihan masyarakat untuk memiliki hunian tempat tinggal. BSI Griya Hasanah yang merupakan pembiayaan konsumtif yang dimiliki oleh BSI KCP Banyuwangi S. Parman.
Fokus yang diteliti pada skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana prosedur pembiayaan BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman? 2. Bagaimana Efektifitas Pemberlakuan Akad Musyarakah Mutanaqisah Dalam Pembiayaan KPR BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman?
Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1. Mengetahui prosedur pembiayaan BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman. 2. Mengetahui Efektifitas Pemberlakuan Akad Musyarakah Mutanaqisah Dalam Pembiayaan KPR BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S.Parman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumen, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, rangkuman, penyusunan laporan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini antara lain: 1. Prosedur pembiayaan Musyarakah Mutanaqisah dalam mengajukan pembiayaan BSI Griya Hasanah di BSI KCP Banyuwangi S.Parman cukup mudah yakni dengan mengumpulkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pada BSI KCP Banyuwangi S.Parman seperti KTP, Kartu Keluarga, surat nikah, NPWP, BI Cheking dan seluruh syarat yang harus dipenuhi dan dilengkapi oleh calon nasabah pembiayaan. Setelah persyaratan tersebut lengkap dan terverifikasi maka selanjutnya yakni tahapan pembiayaan di mana terdapat Tahap Pengajuan, Tahap Verifikasi Data, Tahap Penilaian Agunan, Tahap Persetujuan Akad, Pencairan dana, dan yang paling penting yaitu pembayaran angsuran. 2. Pemberlakuan akad Musyarakah Mutanaqisah dalam pembiayaan BSI Griya Hasanah dapat dikatakan efektif. Namun masih ditemukan adanya kekurangan efektivitas pada faktor penyaluran dan akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Siti Nurbaiti
Date Deposited: 05 May 2023 03:19
Last Modified: 05 May 2023 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23094

Actions (login required)

View Item View Item