Ayat-Ayat Hijrah Dalam Perspektif Komunitas Hijrah di Jember (Studi Komunitas Hijrah di Jember).

Ahnaf, Falihul (2020) Ayat-Ayat Hijrah Dalam Perspektif Komunitas Hijrah di Jember (Studi Komunitas Hijrah di Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Falihul Ahnaf_U20161024.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari munculnya istilah hijrah yang populer di kalangan milenial. Fenomena hijrah ini dapat dilihat dari semakin banyak kalangan milenial yang berpenampilan seperti menumbuhkan jenggot, menggunakan celana cingkrang, menggunakan cadar dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang fenomena hijrah yang terjadi pada kalangan milenial di Jember melalui komunitas-komunitas hijrah. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan komunitas hijrah yang ada di Jember, faktor yang melatari para milenial untuk bergabung dalam komunitas hijrah, serta mengetahui makna hijrah bagi masingmasing komunitas hijrah. Penelitian ini juga menjelaskan tentang berbagai definisi hijrah, bentuk hijrah sesuai dengan masing-masing komunitas hijrah, berbagai kegiatan yang diadakan oleh komunitas hijrah serta perkembangan komunitas hijrah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta menggunakan teori tindakan sosial Max Weber. Dalam penelitian ini peneliti menggali data-data dari para narasumber yang tergabung dalam komunitas hijrah, peneliti mencari tahu perkembangan komunitas hijrah yang ada di Jember, faktor mereka tergabung dalam komunitas hijrah, dan pemahaman mereka terhadap makna hijrah yang ada dalam al-Qur’an. Setelah mengumpulkan data-data tersebut peneliti menganalisis sesuai dengan rumusan masalah, kemudian di analisis menggunakan teori Max Weber tentang tindakan sosial. Komunitas hijrah yang menjadi obyek penlitian ini adalah Al-Fath Pemuda Hijrah, Majelis Gaul, dan Sahabat Qur’an. Kata Kunci: Hijrah, Fenomena Tindakan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 02:15
Last Modified: 05 May 2023 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23098

Actions (login required)

View Item View Item