Aini, Fani Nur (2020) Analisis Penilaian Kinerja Karyawan menggunakan Key Performance Indicator dengan Pendekatan Balance Scorecard di Pegadaian Syariah Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Fani Nur Aini_E20151096.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pegadaian Syariah telah mengembangkan konsep sistem penilaian kinerja (Performance Manangement System/PMS) dengan pendekatan Balance Scorecard. Dalam PMS, kinerja karyawan dinilai berdasarkan (Key Performance Indicator / KPI) dan budaya kerja perusahaan Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah penilaian kinerja karyawan menggunakan Key Performance Indicator dengan pendekatan Balance Scorecard di Pegadaian Syariah A Yani. 2) Bagaimana monitoring dan evaluasi dalam penilaian kinerja karyawan menggunakan Key performance Indicator di Pegadaian Syariah A Yani Jember. Tujuan penelitian adalah Untuk memahami dan mendeskripsikan penilaian kinerja karyawan menggunakan Key Performance Indicator dengan pendekatan Balance Scorecard di Pegadaian Syariah A Yani Jember. Untuk mendekripsikan monitoring dan evaluasi dalam penilaian kinerja karyawan menggunakan Key Performance Indicator dengan Pendekatan Balance Scorecard. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pola pikir induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta yang bersifat empiris kemudian temuan tersebut dipelajari dan dianalisis . Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kinerja karyawan di Pegadaian Syariah menggunakan Key Performance Indicator dengan pendekatan Balance Scorecard yang terdiri dari empat perspektif. Perspektif financial, Perspektif customer, Perspektif internal business processes, dan Perspektif learning and growth. Disetiap perspektif memiliki bobot target penilaian, dari Perspektif financial bobot targetnya 60%, Perspektif customer bobot targetnya 15%, Perspektif internal businises procesess bobot targetnya 15%, dan Perspektif learning and growth bobot targetnya 10%. Penilaian kinerja karyawan dinilai dari jabatan teratas ke jabatan terendah, dan dilakukan diawal tahun hingga akhir tahun. Kata Kunci: Penilaian Kinerja Karyawan, Key Performance Indicator, Balance Scorecard.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 05 May 2023 02:14 |
Last Modified: | 05 May 2023 02:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23099 |
Actions (login required)
View Item |