Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dengan Mengenalkan bentuk Geometri dari Media Kertas Lipat pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA AL-MUSLIMUN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020-2021.

Mahardikan, Fara Yustisi (2021) Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dengan Mengenalkan bentuk Geometri dari Media Kertas Lipat pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA AL-MUSLIMUN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fara Yustisi Mahardikan_T20175015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kognitif adalah suatu proses berpikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Salah satu alat yang penting di dalam pendekatan kegiatan pembelajaran adalah pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. Media dan sumber belajar yang dipilih harus sesuai dengan kegiatan dan dapat memberikan pengalaman yang berkesan pada anak. Dengan media kertas lipat anak mengenalkan konsep matematika permulaan pada anak. Pengenalan bentuk geometri adalah kemampuan anak mengenal, menunjukkan, menyebutkan serta membuat bentuk geometri dari kertas lipat. Maka fokus penelitian yang dapat disusun dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimana mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia dini 2. Bagaimana mengenalkan bentuk geometri pada anak usia dini 3. Bagaimana langkah-langkah penggunaan media kertas lipat pada anak usia 4 - 5 tahun yang terfokus pada RA AL-MUSLIMUN JEMBER. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini dengan mengenalkan bentuk geometri dari media kertas lipat di RA ALMUSLIMUN JEMBER. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah Kepala sekolah, guru, siswa dan siswi kelompok A dan wali murid Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana media kertas lipat dapat mengembangkan kognitif anak dan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data analisis dengan menggunakan reduksi data, data display, kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa perkembangan kognitif anak kelas A di RA-AL MUSLIMUN JEMBER mempunyai pengaruh yang sangat besar melalui media kertas lipat bentuk geometri dengan memperhatikan rancangan kegiatan dan indikator pencapaian yang sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia dini yaitu memilih tema yang ingin dicapai, menentukan alat dan bahan yang diperlukan dalam kegiatan, menetapkan langkah-langkah dalam kegiatan, membagi anak dalam beberapa kelompok dan menentukan tugas yang akan dikerjakan anak. Kata Kunci: Kognitif, Media Kertas Lipat, Bentuk Geometri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 02:14
Last Modified: 05 May 2023 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23100

Actions (login required)

View Item View Item