Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa melalui Lagu dan Gerak pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Sunan Drajat Klompangan – Ajung tahun Pelajaran 2019/2020

Gufroniyati, Faridatul (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa melalui Lagu dan Gerak pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Sunan Drajat Klompangan – Ajung tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faridatul Gufroniyati_T20165077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Untuk menjadikan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan di sekolah terutama yang ditekankan kepada kemampuan bahasa dalam aspek menyimak dan mengungkapkan menjadikan cara yang dilakukan guru menggunakan lagu dan gerak, agar anak dapat berkembang secara optimal dan memiliki kesiapan untuk jenjang berikutnya. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah, 1) Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan bahasa dalam aspek menyimak melalui lagu dan gerak pada anak kelompok B di RA Sunan Drajat Klompangan Ajung tahun pelajaran 2019/2020?. 2) Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan bahasa dalam aspek mengungkapkan melalui lagu dan gerak pada anak kelompok B di RA Sunan Drajat Klompangan Ajung tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan bahasa dalam aspek menyimak melalui lagu dan gerak pada anak kelompok B di RA Sunan Drajat Klompangan Ajung tahun pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan bahasa dalam aspek mengungkapkan melalui lagu dan gerak pada anak kelompok B di RA Sunan Drajat Klompangan Ajung tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Sunan Drajat Klompangan – Ajung Jember. Penentuan informan menggunakan:teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan : 1) Upaya meningkatkan kemampuan bahasa dalam aspek menyimak melalui lagu dan gerak pada anak kelompok B di RA Sunan Drajat Klompangan Ajung dilakukan dengan cara kegiatan anak menyimak lagu dan gerakan yang berisi kosakata dan kalimat yang disesuiakan dengan tema pembelajaran. Bentuk-bentuk kegiatan menyimak anak yaitu, anak mampu mendengarkan secara aktif, anak mampu membedakan suatu intonasi kata, dan anak mampu memahami arti yang terkandung dalam pesan. 2) Upaya meningkatkan kemampuan bahasa dalam aspek mengungkapkan melalui lagu dan gerak pada anak kelompok B di RA Sunan Drajat Klompangan Ajung dilakukan dengan memberikan lagu dan gerakan yang ditirukan oleh anak dengan menstimulasi sesuai keunikan masing-masing anak. Bentuk-bentuk peningkatan kemampuan bahasa aspek mengungkapkan memalui kegiatan ini adalah anak mampu mengungkapkan gagasannya, anak dapat mengulang kata-kata yang didengar, anak dapat menjawab pertanyaan sederhana, anak dapat menyebutkan kosakata maupun kalimat sederhana, dan anak dapat menceritakan kembali pengalamannya dalam kegiatan lagu dan gerak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 01:30
Last Modified: 05 May 2023 01:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23102

Actions (login required)

View Item View Item