Strategi Dakwah H. Ali Yatim dalam Menangkal Faham Radikalisme di Yayasan Daarul Aytaam Kabupaten Situbondo.

Maulana, Fariz (2021) Strategi Dakwah H. Ali Yatim dalam Menangkal Faham Radikalisme di Yayasan Daarul Aytaam Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fariz Maulana_D20164010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: strategi dakwah, faham radikalisme Beberapa daerah di Indonesia telah terjadi aksi teror yang mengatas namakan agama serta bentuk jihad, bahkan pelakunya rata-rata adalah milenial yang pemahaman tentang agama masih rendah dan emosinya belum stabil. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya tindak terorisme yang lain maka H. Ali Yatim memberikan bekal pemahaman tentang ahlussunnah wal jamaah kepada santrinya agar memiliki sifat moderat dalam beragama dan tidak bertindak radikal terhadap orang yang berbeda pemahaman dengannya dengan cara dakwah. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan atau implementasi strategi dakwah H. Ali Yatim di yayasan Darul Aytam Kabupaten Situbondo dalam menangkal paham radikalisme? 2) Bagaimana kendala-kendala strategi dakwah H. Ali Yatim di yayasan Darul Aytam Kabupaten Situbondo dalam menangkal paham radikalisme? 3) Bagaimana tingkat keberhasilan strategi dakwah H. Ali Yatim di yayasan Darul Aytam Kabupaten Situbondo dalam menangkal paham radikalisme? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan atau implementasi strategi dakwah H. Ali Yatim di yayasan Darul Aytam Kabupaten Situbondo dalam menangkal paham radikalisme, 2) Mendeskripsikan kendalakedala strategi dakwah H. Ali Yatim di yayasan Darul Aytam Kabupaten Situbondo dalam menangkal paham radikalisme?, 3) Mendeskripsikan tingkat keberhasilan strategi dakwah H. Ali Yatim di yayasan Daarul Aytaam Kabupaten Situbondo dalam menangkal paham radikalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini penelitian diskriptif. Lokasi penelitian ini di Yayasan Darul Aytam Situbondo. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumenter. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kulitatif dengan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman, dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: Data Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pelaksanaan atau implementsi strategi dakwah seperti pertama, Penerapan strategi dakwah Al-Bayanuni dengan menggunakan strategi sentimental di setiap kegiatan pengajian, kedua, Penerapan strategi dakwah Al-Bayanuni dengan menggunakan strategi rasional di setiap kegiatan seminar, dan kajian rutin, ketiga, Strategi indrawi diterapkan dalam kegiatan dakwah sosial seperti, dan santunan anak yatim 2) Kendala-kendala strategi dakwah yayasan panti asuhan Daarul Aytaam yaitu faktor internal seperti, kemajuan teknologi yang sulit untuk dibendung, Perbedaan tingkat pemahaman anak asuh, latar belakang pendidikan anak asuh, belum terbiasa dengan kegiatan rutin di yayasan panti asuhan Daarul Aytam, keterbatasan dewan pengajar di yayasan panti asuhan Daarul Aytam, sulit untuk mengatur waktu bagi anak asuh kelas IX dan XII, dan faktor eksternal seperti, pengunjung atau tamu, warga sekitar yayasan, 3) Tingkat keberhasilan strategi dakwah yayasan panti asuhan Daarul Aytaam yaitu pertama, potensi meluasnya penyebaran ajaran Islam radikal di masyarakat dapat dikontrol melalui pendekatan keilmuan dan psikologi, kedua, bertambahnya jumlah santri setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 02:14
Last Modified: 05 May 2023 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23104

Actions (login required)

View Item View Item