Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Pemanfaatan Bahan Bekas Di Kelompok B Roudhatul Athfal Thoriqul Huda Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Farida, Ms (2020) Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Pemanfaatan Bahan Bekas Di Kelompok B Roudhatul Athfal Thoriqul Huda Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Farida_T20165056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan motorik halus melibatkan otot-otot halus yang mengendalikan tangan dan kaki. Pada anak usia dini harus memberikan perhatian lebih kepada kontrol, koordinasi, dan ketangkasan dalam menggunakan tangan dan jemari. Meskipun perkembangan ini berlangsung serentak dengan perkembangan motorik kasar, otot-otot dekat dengan batang tubuh matang sebelum otot-otot tangan dan kaki, yang mengendalikan pergelangan dan tangan. Bahan bekas adalah benda-benda yang tidak berguna lagi jika sudah dibung, namun masih bisa dipakai lagi dengan diolah menjadi barang baru untuk dijadikan sesuatu yang berguna atau dapat dimanfaatkan kembali untuk berkreasi. Jadi bahan bekas dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B dengan kegiatan menggunting, menempel, melipat dan lain sebagainya. Fokus penelitian: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran mengembangkan motorik halus anak melalui pemanfaatan bahan bekas di kelompok B, Raudlatul Afhfal (RA) Thoriqul Huda, Desa Nogosari, Rambipuji Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran mengembangkan motorik halus anak melalui pemanfaatan bahan bekas di kelompok B, Raudlatul Afhfal (RA) Thoriqul Huda, Desa Nogosari, Rambipuji Jember? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran mengembangkan motorik halus anak melalui pemanfaatan bahan bekas di kelompok B, Raudlatul Afhfal (RA) Thoriqul Huda, Desa Nogosari, Rambipuji Jember? Maka tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran mengembangkan motorik halus anak melalui pemanfaatan bahan bekas di kelompok B, Raudlatul Afhfal (RA) Thoriqul Huda, Desa Nogosari, Rambipuji Jember. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mengembangkan motorik halus anak melalui pemanfaatan bahan bekas di kelompok B, Raudlatul Afhfal (RA) Thoriqul Huda, Desa Nogosari, Rambipuji Jember. (3) Mendeskripsikan pengevaluasian pembelajaran mengembangkan motorik halus anak melalui pemanfaatan bahan bekas di kelompok B, Raudlatul Afhfal (RA) Thoriqul Huda, Desa Nogosari, Rambipuji Jembeu. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Analisis data menggunakan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengumpulan data dengan tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pembelajaran meningkatkan motorik halus anak melalui pemanfaatan bahan bekas di kelompok B, berupa perencanaan pembelajaran yang menyisipkan kegiatan keterampilan sarang burung dari bahan bekas. Pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan menggambar, melukis, melipat, menggunting dan menempel. Evaluasi pembelajaran berupa penilaian penilaian perkembangan anak, catatan anekdot, dan hasil karya, dan penilaian pada peningkatan motorik halus berupa penilaian perkembangan anak bahwa ada kecenderungan peningkatan pada aspek perkembangan motorik halus pada kelompok B di Raudhatul Athfal Thoriqul Huda Rambipuji Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 02:14
Last Modified: 05 May 2023 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

View Item View Item