Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember.

Dewi, Fathona Dwi Maulina (2020) Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fathona Dwi Maulina Dewi_T20161120.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan agama merupakan sendi pokok pengetahuan dalam membentuk kepribadian seseorang. Sehingga dibutuhkan penanaman pendidikan multikultural melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti khususnya di sekolah-sekolah umum. Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember merupakan sekolah yang didalamnya memiliki aneka keragaman yaitu terdapat guru dan siswa khususnya kelas VII yang memiliki banyak perbedaan latar belakang. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai humanis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember? (2) Bagaimana penanaman nilainilai pluralis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember? (3) Bagaimana penanaman nilai-nilai demokratis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai humanis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember. (2) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pluralis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember. (3) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai demokratis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: (1) Penanaman nilai-nilai humanis pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan pendekatan scientific learning, model pembelajaran discovery learning dan menggunakan metode diskusi. (2) Penanaman nilai-nilai pluralis pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan pendekatan scientific learning, model pembelajaran discovery learning dan menggunakan metode ceramah. (3) Penanaman nilai-nilai demokratis pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan pendekatan scientific learning, model pembelajaran discovery learning dan kontekstual, menggunakan metode tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran. Kata Kunci: Penanaman Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 02:14
Last Modified: 05 May 2023 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item