Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Kerjasama Usaha Ayam Broiler Antara CV. Setia Mitra Sehati (SMS) dengan Peternak Suha Hartono di Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang.

Sari, Febbyanti (2021) Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Kerjasama Usaha Ayam Broiler Antara CV. Setia Mitra Sehati (SMS) dengan Peternak Suha Hartono di Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Febbyanti Nurfika Sari_S20172010.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Kerjasama, Usaha Ayam Broiler, Fiqih Muamalah. Kerjasama usaha ayam broiler antara perusahaan CV. Setia Mitra Sehati dengan peternak Suha Hartono yang terjadi di Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang kontrak perjanjian dilakukan diawal kontrak dengan masing-masing pihak menyertakan modal berbeda yaitu pihak perusahaan menyertakan modal Sapronak (sarana produksi ternak) sedangkan peternak berupa kandang, peralatan dan pekerja. pembagian hasil ditentukan oleh pihak perusahaan jika keuntungan akan dibagi sesuai kesepakatan dan kerugian ditanggung seluruhnya oleh pihak peternak saja. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : a) Bagaimana tinjauan Fiqih Muamalah pada kerjasama usaha peternakan ayam broiler yang dilakukan antara CV. Setia Mitra Sehati dengan peternak Suha Hartono di Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, b) Bagaimana tinjauan Fiqih Muamalah pada pembagian hasil kerjasama usaha peternakan ayam broiler yang dilakukan antara CV. Setia Mitra Sehati dengan peternak Suha Hartono di Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Tujuan dalam penelitian ini adalah : a) Untuk mendeskripsikan tinjauan Fiqih Muamalah pada kerjasama usaha peternakan ayam broiler yang dilakukan antara CV. Setia Mitra Sehati dengan peternak Suha Hartono di Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, b) Untuk mendeskripsikan tinjauan Fiqih Muamalah pada pembagian hasil kerjasama usaha peternakan ayam broiler yang dilakukan antara CV. Setia Mitra Sehati dengan peternak Suha Hartono di Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (file research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metodologis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah : a) kerjasama yang dilakukan oleh perusahaan CV. Setia Mitra Sehati dengan peternak Suha Hartono perjanjiannya sama-sama menyertakan modal dengan porsi yang berbeda. Kerjasama tersebut termasuk syirkah inan dan kerjasama tersebut telah memenuhi rukun dan syarat dalam Fiqih Muamalah. b) Pembagian hasil jika mendapatkan keuntungan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan namun jika terjadi kerugian akan ditanggung oleh pihak peternak saja. pembagian kerugian kerjasama tersebut belum sesuai dengan pembagian kerugian dalam syirkah inan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 02:14
Last Modified: 05 May 2023 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23109

Actions (login required)

View Item View Item