“Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Life Skills Santri (Studi Lapangan di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Ghazali Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember)

Sari, Firda (2020) “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Life Skills Santri (Studi Lapangan di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Ghazali Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Firda Sari_T20161069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Era perkembangan zaman, revolusi Industri dan arus globalisasi membuat setiap orang harus memiliki kesiapan dan bekal dalam menghadapinya. Tak terkecuali bagi para santri, dalam era perkembangan global lembaga pendidikan pondok pesantren harus mampu dan siap dalam membentuk santri yang kompeten dan sigap menghadapi perubahan zaman. Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al- Ghazali merupakan salah satu pondok pesantren yang menyiapkan sistem pendidikan yang berimplikasi pada pendidikan kecakapan hidup. Sehingga selain menciptakan lulusan yang paham dan fasih dalam ilmu Agama, juga dibekali kecakapan hidup baik itu kecakapan hidup yang bersifat umum maupun kecakapan hidup yang bersifat khusus. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah sistem pendidikan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Ghazali? , (2) Apa sajakah program Pendidikan Life Skills di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Ghazali?, (3) Bagaimana Implikasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren terhadap Life Skills Santri Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Ghazali?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian lapangan (Field Research). Subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif miles Hubermen dan saldana meliputi : kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Ghazali terdiri dari beberapa sub sistem yakni: (a) Pelaku, di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Ghazali sendiri terdapat pelaku diantaranya: kiai, pembantu kiai, pengurus dan santri, (b) Sarana perangkat keras, yang dibuktikan dengan tersedianya sarana prasarana yang bersifat fisik seperti rumah kiai, gedung asrama/pondokan, masjid dan gedung pendukung lainnya, (c) Saranya perangkat lunak yang terdiri dari kurikulum, tata tertib, metode pembelajaran, media dan sumber belajar. 2) Program kegiatan yang berbasis pendidikan kecakapan hidup diantaranya adalah: KMI (Kuliyatul Muallimin AlIslamiyah), Muhadhoroh, Seni Bela Diri, Kepramukaan dan cooking smart. 3) Implikasi sistem pendidikan pondok pesantren terhadap life skills santri dapat dilihat dari keterkaitan langsung peran sistem dalam terselenggaranya seluruh kegiatan di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 06:28
Last Modified: 05 May 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23129

Actions (login required)

View Item View Item