Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkembangkan Budaya Literasi di kelas V SDN Bima Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023

Hayati, Nur (2023) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menumbuhkembangkan Budaya Literasi di kelas V SDN Bima Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR HAYATI T20194141 WTM.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Hayati, 2023: Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Menumbuhkembangkan Budaya Literasi di Kelas V SDN Bima Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, Menumbuhkembangkan Budaya Literasi.

Gerakan literasi sekolah merupakan salah satu program yang bisa memperbaiki kemampuan membaca dan menulis, program inilah yang nantinya akan menjadi kunci terbentuknya sekolah yang melaksanakan budaya literasi dan melaksanakan tata kebiasaan membaca dan menulis didalam kelas maupun di luar lingkungan sekolah. Sedangkan budaya literasi adalah suatu budaya di dalam masyarakat yang meliputi segala usaha manusia yang berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana implementasi literasi dasar di kelas V SDN Bima Probolinggo Tahun pelajaran 2022/2023? 2. Bagaimana implementasi literasi perpustakaan di kelas V SDN Bima Probolinggo Tahun pelajaran 2022/2023? Dan tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan implementasi literasi dasar di kelas V SDN Bima Probolinggo Tahun pelajaran 2022/2023. 2. Untuk mendeskripsikan implementasi literasi perpustakaan di kelas V SDN Bima Probolinggo Tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Lokasi penelitian ini di SDN Bima Probolinggo, Penemuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawncara, dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data condensation data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunaan teknik tringulasi teknik dan tringulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini 1. Implementasi literasi dasar di kelas V SDN Bima Probolinggo Tahun pelajaran 2022/2023. 1). Tahapan Pembiasaan: a. Membaca buku 15 menit sebelum pembelajaran di mulai; b. Membaca buku dipojok baca; c. Membaca buku ditaman baca sekolah; 2). Tahapan Pengembangan: a. Membuat kelompok kecil; b. Menceritakan ulang bacaan yang sudah dibaca; c. Menulis ulang hasil bacaan; 3). Tahapan Pembelajaran: a. Membuat karangan berkaitan dengan pengalaman hidup; b. Membentuk kelompok diskusi membaca; c. Melakukan tanya jawab; 2. Implementasi literasi perpustakaan di kelas V SDN Bima Probolinggo Tahun pelajaran 2022/2023 Dalam pelaksanaannya ada 3 tahap, yaitu: 1). Tahap pembiasaan: a. melaksanakan kunjungan wajib ke perpustakaan 3 kali dalam satu minggu; b. membaca buku diperpustakaan selama 30 menit; c. membaca buku sesuai jadwal; 2). Tahap pengembangan: a. Hari senin: membuat karangan tentang keagamaan; b. Hari rabu: membuat karangan tentang cerita; c. Hari sabtu: membuat karangan tentang buku pelajaran umum; 3). Tahap Evaluasi; a. mempertahankan tahapan-tahapan yang sudah dilaksanakan; b. merapikan karangan peserta didik sesuai materi; c. merapikan karangan peserta didik sesuai kemampuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, Menumbuhkembangkan Budaya Literasi.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR HAYATI NUR HAYATI NUR HAYATI
Date Deposited: 05 May 2023 06:48
Last Modified: 05 May 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23139

Actions (login required)

View Item View Item