Pengembangan Modul IPA dengan Pendekatan STEM pada Sub Materi Tekanan Zat Cair untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts

Agitha, Frisci Windavi Riri (2021) Pengembangan Modul IPA dengan Pendekatan STEM pada Sub Materi Tekanan Zat Cair untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Frisci Windavi Riri Agitha_T201710035.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kata kunci: Modul, STEM, Tekanan Zat Cair Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang membahas tentang gejala alam yang dihasilkan dengan proses ilmiah berlandaskan atas sikap ilmiah yang memberikan hasil berupa produk ilmiah. Pendekatan yang digunakan untuk melatih siswa menerapkan ilmu yang dipelajari dengan fenomena yang terjadi di kehidupan sehari-hari adalah pendekatan STEM. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SMPN 6 Jember bahwasannya siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA cabang fisika, karena fisika membutuhkan pemahaman konsep, banyaknya hafalan rumus dan perhitungan secara matematika. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) Mendeskripsikan Kevalidan Modul IPA dengan pendekatan STEM Pada Sub Materi Tekanan Zat Cair Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS. (2) Mendeskripsikan Respon Peserta Didik terhadap Modul IPA dengan pendekatan STEM Pada Sub Materi Tekanan Zat Cair Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model ini memiliki empat tahapan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Namun pada penelitian kali ini, peneliti hanya menggunakan tiga tahapan yaitu Define, Design, dan Develop. Tahap disseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu serta biaya. Untuk mengetahui kelayakan modul dilakukan uji coba pada validator ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna (guru IPA), dan juga untuk dilakukan uji coba skala terbatas yaitu skala kecil pada 6 siswa dan skala besar pada 30 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kevalidan modul didapat dari validasi para ahli bahwa validator ahli materi didapat sebesar 95,15%, validator ahli media sebesar 92%, dan validator ahli pengguna(guru IPA) sebesar 93,75%. Hal ini menunjukan modul IPA termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 93,63%, artinya modul dapat dilanjutkan untuk dilakukan uji coba lapangan pada siswa. (2) Respon siswa terhadap modul yang dikembangkan didapat dari uji coba skala kecil pada 6 siswa sebesar 86,1%, artinya modul memiliki keterbacaan yang sudah sesuai dengan karakteristik siswa sehingga bisa dilanjutkan pada uji coba skala besar. Hasil uji coba skala besar pada 30 siswa sebesar 86,74% yang menunjukan bahwa modul IPA dengan pendekatan STEM pada sub materi tekanan zat cair untuk siswa kelas VIII SMP/MTs termasuk dalam kategori sangat menarik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 06:28
Last Modified: 05 May 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23140

Actions (login required)

View Item View Item