Dakwah KH. Abu Bakar Ibn Malik dalam Meningkatkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad SAW di Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Ulum Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso

Winarno, Fuji Tias Hari (2021) Dakwah KH. Abu Bakar Ibn Malik dalam Meningkatkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad SAW di Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Ulum Desa Suco Lor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fuji Tias Hari Winarno_D20161055.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Dakwah dan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad SAW Dakwah merupakan proses penyampaian ajaran islam dimana hal ini telah dicontohkan oleh Rasulullah pada zaman Nabi. Segala metode dakwah juga diterapkan di dalamnya guna memberikan pemahaman yang baik kepada ummat. Sebagai wujud rasa cinta kepada Rasulullah SAW, ummat manusia meneruskan apa yang telah diteladani oleh Nabi. Sebagai wujud rasa cinta kepada Nabi, mewujudkan amanah Rasul adalah hal yang mulia. Namun, saat ini banyak yang salah dalam mempresentasikan wujud rasa cinta diri kepada Rasul sehingga seakan konsep cinta Rasul telah hilang dari hati seorang manusia. Berdasarkan Pemaparan di atas, maka fokus penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui bagaimana KH. Abu Bakar Ibn Malik memahami konsep kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dalam dakwahnya?. Kedua, untuk mengetahui metode dakwah KH. Abu Bakar Ibn Malik dalam meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dalam persfektif KH. Abu Bakar Ibn Malik serta metode dakwah yang digunakan oleh KH. Abu Bakar Ibn Malik dalam meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu dari KH. Abu Bakar Ibn Malik sebagai narasumber utama serta narasumber pendukung yang berasal dari Keluarga Besar Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Ulum Suco Lor, tenaga pengajar, santri serta wali santri. Sekaligus data pendukung yang berasal dari masyarakat dan beberapa perangkat Desa Suco Lor. Selanjutnya dilakukan proses pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan dan menganalisis data serta langkah terakhir adalah pembuatan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisa penulis di lapangan serta observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, KH. Abu Bakar Ibn Malik memahami konsep kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW adalah dengan mengamalkan dua hal, yaitu dengan mengikuti sunnahNya dan bersholawat kepadaNya. Kedua, KH. Abu Bakar Ibn Malik menggunakan beberapa metode dakwah dalam meningkatkan kecintaan kepada Rasul, yang diantaranya: metode ceramah (mauidzah al-hasanah), metode keteladanan (uswatun hasanah), serta metode pendidikan dan pengajaran agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 06:27
Last Modified: 05 May 2023 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23141

Actions (login required)

View Item View Item