Pengelolaan Koperasi Guru (KOPERGU) Madrasah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan.

Rohman, Habibur (2021) Pengelolaan Koperasi Guru (KOPERGU) Madrasah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Habibur Rohman_D20164031.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan Koperasi Guru, Kesejahteraan guru Keberhasilan pengelolaan pada koperasi tidak dapat dipisahkan dari kemampuan unsur manajemen koperasi (pengurus dan pengelola/manajer) dalam mengelola koperasi. Pengelolaan atau bisa disebut dengan manajemen merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah organisasi serta badan usaha-usaha lainnya, termasuk pada Koperasi Guru Madrasah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Koperasi Guru Madrasah di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata dapat dinilai sudah menerapkan pola manajemen yang cukup baik, dillihat dari unsur-unsur manajemen koperasi, serta fungsifungsi manajemen dalam organisasi yang dijalankan oleh Koperasi Guru Madrasah ini. Penelitian ini difokuskan pada: 1. Bagaimana pengelolaan Koperasi Guru (KOPERGU) Madrasah dalam meningkatkan kesejahteraan guru di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata?; 2. Faktor Pendukung dan Penghambat Pengelolaan Koperasi Guru Serta Bentuk Kesejahteraan Koperasi Guru (KOPERGU) Madrasah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru di Pondok Pesantren Mambaul Bata-Bata Pamekasan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan Koperasi Guru Madrasah dalam meningkatkat kesejahteraan guru serta faktor pendukung dan penghambat pengelolaan Koperasi Guru serta bentuk kesejahteraan Goperasi Guru Madrasah dalam meningkatkan kesejahteraan guru di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan teori pengelolaan atau menejemen. lokasi penelitian beradada di Pondok Pesantren Bata-bata Pamekasan. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Adapaun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1. Pengelolaan Koperasi Guru Madrasah dalam meningkatkat kesejahteraan guru di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata dinilai sudah menerapkan sistem pengelolaan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan serta pengawasan) yang diterapkan oleh Koperasi Guru. 2. Faktor pendukung pengelolaan Koperasi Guru adalah Koperasi Guru mendapatkan dukungan penuh dari pengasuh Pondok Pesantren dan semangat guru, serta simpanan anggota. Faktor penghambat Koperasi Guru ialah minimnya pengetahuan pegurus dan anggota tentang perkoperasian, minimnya pengetahuan pengurus dan pengawas mengenai penyusunan laporan keuangan dan fasilitas koperasi yang belum memadai. Bentuk kesejahteraan yang diberikan ialah tunjangan hari raya, infaq 1% dari simpan pinjam dan pembagian SHU setiap tutup buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 May 2023 06:47
Last Modified: 05 May 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item View Item