Penerapan Kesenian Hadrah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Balung Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Istiqomah, Hanifatul (2021) Penerapan Kesenian Hadrah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Balung Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hanifatul Istiqomah_T20164011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Kesenian Hadrah, Kecerdasan Spiritual. Kecerdasan merupakan potensi alamiah (fitrah) yang dimiliki manusia. Sebagai anugerah tertinggi dari Allah SWT dan yang memuliakan manusia dengan makhluk lain. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah, menuju manusia seutuhnya, serta berprinsip karena “hanya karena Allah”. Dalam dunia pendidikan, tidak hanya pembelajaran di dalam kelas yang perlu diperhatikan. Tetapi kecintaan peserta didik terhadap salah satu bidang tertentu juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah bidang seni. Yakni penerapan kesenian hadrah yang sudah di lakukan disalah satu MI swasta, tepatnya di MI Miftahul Ulum. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana perencanaan kesenian hadrah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Balung Jember tahun pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana pelaksanaan kesenian hadrah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Balung Jember tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan serta pelaksanaan kesenian hadrah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Balung Jember tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi pastisipatif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) perencanaan kesenian hadrah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Ibtidaiyah Balung Jember tahun pelajaran 2020/2021 yaitu: perencanaan kegiatan kesenian hadrah direncanakan dan disetujui oleh semua pihak Madrasah (Kepala Sekolah, Wakakesiswaan, Guru). Lalu siswa yang mengikuti kesenian hadrah mempunyai kemampuan dan minat di bidang kesenian hadrah agar upaya meningkatkan kecerdasan spiritual siswa tercapai.. 2) pelaksanaan kesenian hadrah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Balung Jember tahun pelajaran 2020/2021 yaitu: pelaksanaan kegiatan kesenian hadrah dilaksanakan latihan satu minggu 2 kali pada hari Senin dan Kamis. Kegiatan kesenian hadrah juga ditampilkan pada saat acara umum yang diadakan oleh sekolah, seperti halnya memperingati maulid Nabi Muhammad SAW dan memperingati 10 Muharram, juga dijadikan rutinan seperti halnya kegiatan anjangsana yang dilaksanakan di rumah wali murid kelas 6 yang akan mengikuti ujian untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan, dapat meneladani atau mencontoh sifat mulia Rasulullah yang berada dalam isi syair lantunan shalawat didalam isi kegiatan kesenian hadrah dan bisa dilakukan dalam kehidupan seharihari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:58
Last Modified: 08 May 2023 20:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23151

Actions (login required)

View Item View Item