Implementasi Metode Bernyanyi pada Pembelajaran Matematika di Kelas III A Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Sa'diyah, Hanifatus (2021) Implementasi Metode Bernyanyi pada Pembelajaran Matematika di Kelas III A Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hanifatus Sa’diyah_084144055.pdf

Download (6MB)

Abstract

Bernyanyi merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif terutama untuk anak-anak. Bernyanyi merupakan sebuah metode pembelajaran yang dapat dengan cepat meresap kedalam memori anak-anak, menyenangkan, membuat siswa tidak bosan dan jenuh. Sehingga, mata pelajaran yang sifatnya hafalan seperti matematika, kebanyakan siswa merasa malas. Tetapi Jika disandingkan dengan bentuk nyanyian pasti membuat anak mudah mengingatnya karena cepat tersimpan dalam memori otaknya. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana perecanaan pembelajaran matematika dengan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III A MI Unggulan Nuris Jember?. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III A MI Unggulan Nuris Jember?. (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran matematika dengan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III A MI Unggulan Nuris Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perecanaan pembelajaran matematika dengan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III A MI Unggulan Nuris Jember. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III A MI Unggulan Nuris Jember. (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran matematika dengan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III A MI Unggulan Nuris Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman dan saldana. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, dan trianggulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Perencanaan pembelajaran matematika dengan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III A MI Unggulan Nuris Jember, yaitu perencanaan: guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengacu pada silabus, menentukan tujuan pembelajaran, membuat instrumen penilaian. (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III A MI Unggulan Nuris Jember, yaitu guru memberi arahan kepada peserta didik, guru menjelaskan dan memberikan contoh rumus-rumus matematika dengan menggunakan nyanyian-nyanyian yang menarik. (3) Evaluasi pembelajaran matematika dengan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III A MI Unggulan Nuris Jember, evaluasi: menggunakan evaluasi individual dan kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:58
Last Modified: 08 May 2023 20:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23152

Actions (login required)

View Item View Item