Handayani, Ms (2020) Pembiasaan kesetaraan gender dalam perilaku sosial pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. Handayani_T20165102.pdf Download (7MB) |
Abstract
Keutamaan pembelajaran berwawasan kesetaraan gender perlu dilakukan sejak dini, mengingat pada saat ini berbagai bentuk kesenjangan gender terjadi dalam berbagai kehidupan masyarakat bahkan terpresentasikan juga dalam dunia pendidikan. Menjadi sebuah kewajiban apabila lembaga pendidikan setingkat Raudhatul Athfal (RA) menjadi suatu lembaga formal dalam membiasakan sekaligus mentransfer nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat, termasuk nilai dan norma gender. Langkah ini perlu dalam rangka membiasakan perilaku anak menghargai persamaan hak dan tanggung jawab tanpa adanya perbedaan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembiasaan kesetaraan gender dalam perilaku sosial aspek kerjasama pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pembiasaan kesetaraan gender dalam perilaku sosial aspek dukungan sosial pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pembiasaan kesetaraan gender dalam perilaku sosial aspek kerjasama pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) mendeskripsikan pembiasaan kesetaraan gender dalam perilaku sosial aspek dukungan sosial pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian berbentuk deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Analisis data mengunakan metode kualitatif deskriptif model interaktif model Miles Huberman yang terdiri dari Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) Pembiasaan kesetaraan gender dalam perilaku sosial aspek kerjasama pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember dilakukan dengan menerapkan berbagai permainan edukatif bersama-sama tanpa membedakan jenis kelamin antara pria dan perempuan untuk mengembangkan potensi anak didik. Aspek kerjasama permainan edukatif dalam rangka mengenalkan peran gender sehingga anak didik memiliki pengetahuan tentang adanya kedudukan hak dan kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensinya masing-masing tanpa adanya sekat yang membatasi. Bentuk-bentuk permainan edukatif dalam membiasakan kesetaraan gender antara lain yaitu permainan ular naga, permainan congklak, permainan lompat karet, dan permainan papan titian. 2) Pembiasaan kesetaraan gender dalam perilaku sosial aspek dukungan sosial pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah dengan berusaha memberikan dukungan yang positif kepada setiap anak. Wujud dari dukungan positif yang berikan guru dan orang tua berbentuk pujian dan motivasi agar anak lebih bisa memainkan perannya dalam berinteraksi sosial bersama teman sebayanya. Dengan adanya dukungan sosial sebagai bentuk support diharapkan pendidik mampu memainkan perannya tanpa ada pemisahan antara laki-laki dan perempuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 08 May 2023 20:58 |
Last Modified: | 08 May 2023 20:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23156 |
Actions (login required)
View Item |