Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pelestarian Tradisi Lokal: Studi Kasus Tradisi Tiban di Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun 1965-2019

Febiola, Helen (2020) Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pelestarian Tradisi Lokal: Studi Kasus Tradisi Tiban di Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun 1965-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Helen Febiola_U20164034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci, Partisipasi Masyarakat, Pelestarian Tradisi, Tradisi Tiban. Bangsa Indonesia merupakan bangsa majemuk yang memiliki keanekaragaman suku, agama, etnis, kepercayaan, dan budaya guna membentuk identitas jati diri suatu daerah. Negara Indonesia masih dikenal dengan kental akan tradisi. Banyaknya tradisi tersebut sangat dijaga kesakralannya mulai dari tradisi yang menonjolkan estetikanya saja maupun mengandung unsur mistis. Tradisi warisan nenek moyang yang ada sangat mempengaruhi kehidupan. Salah satunya kebudayaan Jawa yang dilaksanakan secara teratur adalah kebudayaan tradisi Tiban yang ada di Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Propinsi Jawa Timur. Tradisi Tiban dilestarikan ditengahtengah para pendukungnya dan tetap dipertahankan di tengah gencaran modernisasi. Tradisi Tiban merupakan suatu ritual rakyat secara turun-temurun dari nenek moyang yang dilaksanakan oleh masyarakat guna meminta air hujan. Penelitian ini berusaha untuk memfokuskan dan mencurahkan segenap pikiran dan wawasan dalam rangka melacak serta mengetahui: 1) Bagaimana Perkembangan tradisi Tiban di Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri pada tahun 1965-2019? 2) Bagaimana peristiwa konflik yang terjadi terkait dengan perkembangan tradisi Tiban di Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun 1965-2019? 3) Bagaimana dengan partisipasi masyarakat Desa Purwokerto dalam melestarikan tradisi Tiban pada tahun 1965- 2019? Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis datanya menggunakan, Heuristik, Kritik (Sejarah), Interpretasi, Historiografi. Dalam penelitian tersebut dapat ditemukan beberapa kesimpulan: 1) Tradisi Tiban masih kerap kali dilaksanakan oleh masyarakat Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. 2) Dilihat dari pelestarian tradisi Tiban setiap tahunnya, masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam hal tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:57
Last Modified: 08 May 2023 20:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23164

Actions (login required)

View Item View Item