Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember 2020/2021

Rahma, Hidayatur (2021) Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hidayatur Rahma_T20174035.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, Media Audio Visual, Pembelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An Nur Ajung Jember mencetak peserta didik berakhlakul karimah, berprestasi, disiplin, dan berbudaya lingkungan melalui rencana pembelajaran yang terstruktur dan terarah khususnya materi sholat melalui media audio visual terhadap pemahaman siswa kelas II dilaksanakan dengan memperhatikan karakter siswa agar kegiatan pembelajaran terlaksana dalam suasana kondusif dan menyenangkan. Terencana pembelajaran terlaksana dengan baik didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, sehingga pesan bisa diterima dengan baik dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan, siswa bisa melaksanakan ibadah dengan benar dan senang untuk melaksanakan kegiatan bersifat sunnah apalagi wajib, serta dapat meningkatkan ibadah siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An Nur Ajung Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Penerapan Pembelajaran Melalui Media Audio Visual terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember Tahun 2020/2021 2) Bagaimana Pelaksanaan Penerapan Pembelajaran Melalui Media Audio Visual terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember Tahun 2020/2021 3) Bagaimana Evaluasi Penerapan Pembelajaran Melalui Media audio terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember 2020/2021. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fail riseart. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan kondensasi Data (Condensation), Penyajian Data (Display), Penarikan Kesimpulan (Conclusions Drawing). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru menyusun jadwal materi selama satu semster 2) pelaksanaan pembelajaran guru melaksanakan berbagai praktikum 3) untuk mengukur daya serap siswa evaluasi dilakukan oleh guru melalui hafalan doa-doa sholat, praktek, serta tes formatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:57
Last Modified: 08 May 2023 20:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item View Item