Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Menumbuhkan Budaya Religius Peserta Didik Pada Kelas VIII MTsN 3 Jember

Karimah, Hiliyatul (2020) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Menumbuhkan Budaya Religius Peserta Didik Pada Kelas VIII MTsN 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hiliyatul Karimah_T20151116.pdf

Download (5MB)

Abstract

Upaya mewujudkan PHBS di sekolah mempunyai manfaat yang besar dalam meningkatkan status kesehatan siswa yakni terwujudnya sekolah yang bersih dan sehat sehingga siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah terlindungi dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit. MTsN 3 Jember merupakan Sekolah yang memiliki tingkatan ekonomi keatas, sedang dan kebawah. Di MTsN 3 Jember sudah menerapkan tentang hidup bersih sehat di sekolah dengan memberikan materi dan pemahaman tentang kesehatan lingkungan sekolah. Di MTsN 3 Jember menumbuhkan kesadaran siswa terhadap kebersihan dan kerapian dalam berpakaian dan bersepatu, piket membersihkan ruang kelas, sebagian dari mereka ada yang membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan dan berolahraga . Fokus penelitian ini adalah : 1). Bagaimana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Menumbuhkan Budaya Religius Peserta Didik MTsN 3 Jember. 2). Bagaimana Menjaga Lingkungan Bersih dan Sehat Dalam Menumbuhkan Budaya Religius Peserta Didik MTsN 3 Jember Tujuan Penelitian ini adalah : 1).Untuk mendeskripsikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Menumbuhkan Budaya Religius Peserta Didik MTsN 3 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Menjaga Lingkungan Bersih dan Sehat Dalam Menumbuhkan Budaya Religius Peserta Didik MTsN 3 Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dan penentuan subyek penelitian menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan pengumpulan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Perilaku hidup bersih dan sehat di MTsN 3 Jember diterapkan sudah sejak lama tetapi masih belum sepenuhnya berjalan dengan efektif dan dengan adanya budaya perilaku hidup bersih ini siswa MTsN 3 Jember sedikit demi sedikit mampu menerapkan bukan hanya disekolah tetapi juga di rumah sehingga dari cara berpakaian siswa sampai perilaku menggambarkan budaya religius dengan menjaga kebersihan serta bertujuan memupuk siswa untuk saling membangun kesadaran di manapun mereka berada sesuai dengan ajaran Islam dan mengembangkan kreativitas siswa dalam menciptakan keindahan dan kebersihan. 2) Menjaga lingkungan bersih dan sehat yaitu dengan Program Jumat bersih menggunakan sistem bergantian setiap kelasnya dan program tersebut juga berjalan sudah lama dengan peraturan- peraturan yang berlaku salah satunya dengan denda Uang sebesar Rp. 100.000,00,- bagi kelas yang kotor dan Rp. 5000,- bagi siswa yang membuang sampah sembarangan sehingga dengan cara seperti itu siswa mematuhi semua peraturan sekolah untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:57
Last Modified: 08 May 2023 20:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23170

Actions (login required)

View Item View Item