Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Pendidikan Kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah

Fitrianti, Ida Rizky Rohmah (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Pendidikan Kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ida Rizky Rohmah Fitrianti_T20161122.pdf

Download (34MB)

Abstract

Kata kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kepramukaan Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam adalah penanaman sikap kedalaman pribadi seseorang melalui pembinaan, bimbingan dan sebagainya agar dapat tercermin sikap dan tingkah laku sesuai dengan standart yang diharapkan. Maka tak heran jika nilai-nilai pendidikan agama Islam ini sangat penting untuk ditanamkan melalui berbagai kegiatan salah satunya bisa melalui kegiatan pendidikan kepramukaan karena kegiatan pendidikan kepramukaan tersebut identik dengan permainan di dalamnya sehingga lebih menyenangkan dan siswa tidak akan merasa jenuh. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana internalisasi nilai akidah melalui kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah? 2) Bagaimana internalisasi nilai ibadah melalui kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah? 3) Bagaimana internalisasi nilai akhlak melalui kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) Internalisasi nilai aqidah melalui kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah, 2) Internalisasi nilai ibadah melalui kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah, 3) Internalisasi nilai akhlak melalui kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif field research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif model Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan langkah-langkah berikut: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Internalisasi nilai akidah melalui kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah yaitu melaksanakan shalat dzuhur berjamaah sebelum melakukan kegiatan pendidikan kepramukaan, kakak pembina atau guru PAI menyampaikan materi tentang akidah seperti materi iman kepada malaikat Allah dan iman kepada rasul Allah dan tetap mengacu pada Dasa Dharma Pramuka dan point-point buku SKU, 2) internalisasi nilai ibadah melalui kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah yaitu melaksanakan praktik berwudlu menggunakan kendi ketika dalam kegiatan perkemahan dan melaksanakan shalat dzuhur berjamaah sebagai ibadah mahdhah kemudian mengingatkan untuk mengucapkan salam, saling menghargai pendapat, saling bekerja sama dan bermusyawarah yang termasuk pada ibadah ghairu mahdhahnya, 3) internalisasi nilai akhlak melalui kegiatan pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 1 Jenggawah yaitu mengajarkan materi tentang tatacara melaksanakan shalat dengan khusyuk yang termasuk pada aspek hablun minallah, saling bertolerasi untuk aspek hablun min an-nas, dan juga himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan serta larangan memetik bunga secara liar yang termasuk ke dalam aspek hablun min al-alam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:57
Last Modified: 08 May 2023 20:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23174

Actions (login required)

View Item View Item