Masruroh, Ida Selviana (2020) Strategi Nurul Azka Menggunakan Instagram Sebagai Media Dakwah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ida Selviana Masruroh_D20161026.pdf Download (22MB) |
Abstract
Perkembangan masyarakat yang begitu pesat pada saat ini dengan beragam problematikanya serta berkembangnya teknologi semakin canggih, maka dakwah tidak lagi bisa dilakukan dengan cara yang tradisional. Dakwah islam dituntut untuk lebih professional mengikuti perkembangan budaya dan zaman agar dapat di terima dengan mudah oleh . Instagram merupakan media sosial yang digunakan oleh konten kreator Nurul Azka dalam menyampaikan dakwahnya kepada khallayak, terutama anak muda. Dengan berkembangnya media sosial yang digunakan oleh berbagai kalangan usia terutama dikalangan anak muda, Nurul Azka memanfaatkan Instagram sebagai media untuk berdakwah. Nurul Azka memiliki gaya dakwah di padukan dengan komedi, Tidak jarang menggabungkan pesan dakwah dengan sesuatu hal yang sedang viral di media Sosial. Akan tetapi justru dengan konsep dakwah yang dipadukan dengan komedi dan sesuatu yang viral ada sebagian orang yang kurang bisa menerima dakwahnya tersebut. Berdasarkan pemaparan diatas, maka fokus penelitian ini adalah Pertama, bagaimana strategi Nurul Azka Menggunakan Instagram sebagai media dakwah ? dan kedua, apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Nurul Azka Menggunakan instagram sebagai media dakwah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi dakwah yang dilakukan Nurul Azka dalam media instagram serta memahami faktor pendukung dan penghambat Nurul Azka Menggunakan Instagram sebagai media dakwah. Metode Penelitian ini dilakukan dengan wawancara secara online kepada akun pribadi Nurul Azka (@nunuzoo) dengan menggunakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Wawancara, Observasi, Dokumentasi dan Triangulasi. Obyek pada penelitian ini adalah bagaimana Strategi dakwah yang dilakukan oleh Nurul Azka sehingga pesan yang disampaikan dapat di terima dengan baik oleh Audience. Sedangkan subyek penelitian ini adalah Nurul Azka selaku pemilik akun @nunuzoo. Hasil penelitian ini adalah pertama, Strategi yang digunakan Nurul Azka dalam berdakwah menggunakan Instagram menentukan tema dengan memanfaatkan sesuatu yang sedang Viral di bicarakan terutama dikalangan anak muda di sosial media, kedua, Memanfaatkan malam minggu untuk menyebarkan dakwahnya di instagram. Serta terdapat faktor pendukung antara lain, passion yang dimiliki, mempermudah dalam penyampaian, dapat dilihat di lain waktu, durasi yang singkat membuat tidak bosan dan followers. Adapun faktor penghambat antara lain, membagi waktu antara pendidikan dan konten kreator, menentukan ide, tidak mempunyai crew, Pesan tidak tersampaikan dengan baik, dakwah hanya bisa dijangkau yang mempunyai akun Instagram dan paket data, tidak bisa mendapatkan feed back secara langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 08 May 2023 20:56 |
Last Modified: | 08 May 2023 20:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23175 |
Actions (login required)
View Item |