Internalisasi Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah melalui Kegiatan Rukun Kematian (RUKEM) Nurud Dholam Di Desa Glundengan Wuluhan Jember.

Zuhro, Ika Nafisatus (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah melalui Kegiatan Rukun Kematian (RUKEM) Nurud Dholam Di Desa Glundengan Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ika Nafisatus Zuhro_T20161118.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ukhuwah Islamiyah merupakan hubungan sesama muslim tanpa membedakan luas dan sempitnya kapasitas hubungan, mulai dari hubungan keluarga, masyarakat sampai hubungan antar bangsa. Di desa Gundengan kecamatan Wuluhan peneliti menemukan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengerti atau kurangnya memahami sifat sosial seperti tolong menolong, khususnya dalam hal yang berkaitan dengan kematian, sehingga belum terlaksananya dengan baik kegiatan mengurus jenazah. Dan ada bebarapa masyarakat yang ditinggalkan kurang mampu dalam hal biaya sehingga membutuhkan bantuan dana untuk merawat jenazah. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana internalisasi nilainilai Ukhuwah Islamiyah melalui kegiatan Rukun Kematian (RUKEM) Nurud Dholam di Desa Glundengan Wuluhan?, 2) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan Rukun Kematian (RUKEM) Nurud Dholam di Desa Glundengan Wuluhan?, 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat kegiatan Rukun Kematian (RUKEM) Nurud Dholam di Desa Glundengan Wuluhan? Tujuan penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah melalui kegiatan Rukun Kematian (RUKEM) Nurud Dholam di Desa Glundengan Wuluhan, untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan Rukun Kematian (RUKEM) Nurud Dholam di Desa Glundengan Wuluhan, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan Rukun Kematian (Rukem) Nurud Dholam di Desa Glundengan Wuluhan. Penyusunan penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di RUKEM Nurud Dholam Di desa Glundengan - Wuluhan - Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Dan untuk langkah-langkah analisis datanya ialah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi (sumber dan teknik). Hasil dari penelitian ini adalah: 1)Internalisasinilai-nilai Ukhuwah Islamiyah melalui kegiatan Rukun Kematian (Rukem) Nurud Dholam yaitu sudah berjalan dengan baik akan tetapi kurangnya kesadaran masyarakat dalam hal keagamaan. 2) Bentuk-bentuk kegiatan Rukun Kematian (Rukem) Nurud Dholam adalah mengurus jenazah, membersihkan area makam, sosialisasi, penggalian dana, dan pemeliharaan aset RUKEM yaitu berbentuk pohon sengon. 3) Faktor pendukung kegiatan RUKEM Nurud Dholam adalah adanya dorongan baik dari pemerintah desa maupun masyarakat, untuk saling bergotong royong. Sedangkan factor penghambat kegiatan RUKEM Nurud Dholam adalah kurangnya kesadaran masyarakat, dan sangat minimnya pemberdayaan masyarakat. Kata Kunci: Internalisasi Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:56
Last Modified: 08 May 2023 20:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23180

Actions (login required)

View Item View Item