Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Arsitektur Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember Terhadap Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung SMP Kelas IX

Hasanah, Istifadatul (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Arsitektur Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember Terhadap Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung SMP Kelas IX. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Istifadatul Hasanah_T20177083.pdf

Download (21MB)

Abstract

Kata kunci: LKPD, Etnomatematika, Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember, Bangun ruang sisi Lengkung. LKPD merupakan lembaran-lembaran berisi materi yang disusun secara sistematis dan dilengkapi petunjuk pengerjaan tugas sebagai penunjang berlangsungnya proses pembelajaran. Pembelajaran matematika jika dikaitkan dengan budaya lebih menambah daya tarik dan mudah diterima peserta didik. Kebudayaan dan pembelajaran matematika memang suatu hal yang berbeda. Perbedaan ini apabila digabungkan akan menjadi sesuatu hal yang menarik perhatian peserta didik. Hal ini juga sebagai sarana dalam mengenalkan budaya yang ada di lingkungan sekitar. Sehingga dalam hal ini matematika dan budaya lebih dikenal dengan sebutan etnomatematika. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: 1) Mendeskripsikan bentuk pengembangan LKPD berbasis etnomatematika pada arsitektur masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember terhadap materi bangun ruang sisi Lengkung SMP kelas IX. 2) Mendeskripsikan hasil kevalidan produk LKPD berbasis etnomatematika pada arsitektur masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember terhadap materi bangun ruang sisi lengkung SMP kelas IX. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar penilaian uji validasi Lembar Kerja Peserta Didik, yang terdiri dari uji validasi ahli materi, uji validasi ahli desain, uji validasi ahli bahasa dan uji validasi ahli pendidikan matematika. Penelitian dan pengembangan ini hanya sampai pada tahap Development (pengembangan) disebabkan karena keterbatasan waktu pada masa pandemi covid-19 sehingga pembelajaran di SMP PGRI 1 Rambipuji dilakukan secara online (tidak bertatap muka). Hasil bentuk pengembangan produk yaitu bahan ajar LKPD berbasis etnomatematika pada arsitektur masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember untuk SMP kelas IX yang memperhatikan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang sesuai dengan pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung. Hasil rata-rata yang diperoleh dari setiap validator yaitu, nilai rata-rata validator ahli materi 3,85, nilai rata-rata validator ahli desain 4,4, nilai rata-rata validator ahli bahasa 3,54 dan yaitu, nilai rata-rata validator ahli pendidikan matematika 4,85. Berdasarkan analisis kevalidan nilai rata-rata seluruh validator adalah 4,16 dengan kriteria valid sehingga dapat digunakan namun dengan saran perbaikan kecil dari validator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:54
Last Modified: 08 May 2023 20:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23200

Actions (login required)

View Item View Item