Penggunaan Metode Kubaca Untuk Meningkatan Kemampuan Memahami Kata Anak Usia Dini Raudhatul Athfal Perwanida 19 Bangsalsari Jember

Istianah, Ms (2020) Penggunaan Metode Kubaca Untuk Meningkatan Kemampuan Memahami Kata Anak Usia Dini Raudhatul Athfal Perwanida 19 Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Istianah_T20165046.pdf

Download (44MB)

Abstract

Anak Usia Dini biasanya telah mampu mengembangkan keterampilan berbicara melalui percakapan yang dapat memikat orang lain. Mereka dapat menggunakan bahasa dengan berbagai cara serperti bertanya, berdialog, dan bernyanyi. Sejak Usia Dua tahun anak menunjukan minat untuk menyebut nama benda. Minat tersebut terus berkembang sejalan dengan bertambah usia dan menunjukkan bertambah pula perbendaharaan kata. Kemampuan membaca pada usia dini banyak mempengaruhi tingkat intelegensi anak. Semakin dini seorang anak belajar membaca maka semakin gemar ia membaca dan semakin baik ia membaca. Maka seharusnya orang tua dan guru mengajarkan anak membaca sejak dini. Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai ilmu.. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1. Apakah penggunaan metode “Kubaca” dapat Meningkatan Kemampuan Mengenal Kata Anak Usia Dini Raudhatul Athfal. Perwanida 19 Bangsalsari Jember? 2. Bagaimana Langkahlangkah metode “Kubaca” yang dapat Meningkatan Kemampuan Mengenal Kata Anak Usia Dini Raudhatul Athfal. Perwanida 19 Bangsalsari Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Ingin mengetahui apakah penggunaan metode “Kubaca” dapat Meningkatan Kemampuan Mengenal Kata Anak Usia Dini Raudhatul Athfal. Perwanida 19 Bangsalsari Jember. 2. Untuk Mengetahui Langkah-langkah metode “Kubaca” yang dapat Meningkatan Kemampuan Mengenal Kata Anak Usia Dini Raudhatul Athfal. Perwanida 19 Bangsalsari Jember. Untuk menidentifikafikasi permasalahan tersebut Pendekatan Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena lebih menekankan pada proses penggalian data melalui aktifitas terjun langsung ke lapangan dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data adalah : 1. Observasi, 2. Wawancara, 3. Dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1. Penggunaan metode kubaca dapat meningkatan kemampuan mengenal kata di RA Perwanida 19 sangat efektif dalam pembelajaran. Hal ini dapat di lihat dari siswa memahami huruf yang tanyakan guru pada mereka, mereka menjawab dengan benar kata-kata yang ditanyakan. Bahkan ada siswa yang mampu dan lancar membaca, 2. Langkahlangkah dengan menggunakan metode kubaca ini yaitu guru menyiapkan katakata yang akan disampaikan kepada siswa agar dengan berbagai macam tulisan dan kata, lalu guru mengacungkan kata-kata yang telah disusun secara rapi tadi untuk dibaca satu persatu mengenai bacaan apa pada kartu tersebut, guru membacakan kartu-kartu tersebut secara nyaring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:54
Last Modified: 08 May 2023 20:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23202

Actions (login required)

View Item View Item