Upaya Guru Dalam Melestarikan Nilai Kebudayaan Lokal Melalui Mata Pelajaran IPS di MTs. Kebunrejo Tahun Pelajaran 2019/2020

Yusriya, Itsna (2020) Upaya Guru Dalam Melestarikan Nilai Kebudayaan Lokal Melalui Mata Pelajaran IPS di MTs. Kebunrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Itsna Yusriya_T20169032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Upaya guru, Nilai kebudayaan lokal Budaya adalah keseluruhan yang komplek yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adat istiadat dan kemampuan yang lain, serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Terciptanya budaya tidak lepas dari proses interaksi sosial baik antara individu, antar kelompok, ataupun individu dengan kelompok. Interkasi sosial merupakan realitas paling nyata dalam kehidupan manusia Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana upaya guru menginternalisasi nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) upaya guru menginternalisasi nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal di MTs. Kebunrejo yaitu melalui proses pembelajaran dikelas yang mencakup tiga tahap kegiatan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 2) Upaya guru dalam menginternalisasi budaya lokal di MTs. Kebunrejo yaitu dengan memasukkan budaya lokal melalui materi pembelajaran yang sedang diajarkan dan mengikut sertakan siswa dalam acara kebudayaan seperti menarikan tarian gandrung dalam festival yang ada di kecamatan dan kabupaten serta mengikuti kegiatan kebudayaan yang ada di sekolahnya.Kata kunci: Upaya guru, Nilai kebudayaan lokal Budaya adalah keseluruhan yang komplek yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adat istiadat dan kemampuan yang lain, serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Terciptanya budaya tidak lepas dari proses interaksi sosial baik antara individu, antar kelompok, ataupun individu dengan kelompok. Interkasi sosial merupakan realitas paling nyata dalam kehidupan manusia Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana upaya guru menginternalisasi nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) upaya guru menginternalisasi nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal di MTs. Kebunrejo yaitu melalui proses pembelajaran dikelas yang mencakup tiga tahap kegiatan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 2) Upaya guru dalam menginternalisasi budaya lokal di MTs. Kebunrejo yaitu dengan memasukkan budaya lokal melalui materi pembelajaran yang sedang diajarkan dan mengikut sertakan siswa dalam acara kebudayaan seperti menarikan tarian gandrung dalam festival yang ada di kecamatan dan kabupaten serta mengikuti kegiatan kebudayaan yang ada di sekolahnya.Kata kunci: Upaya guru, Nilai kebudayaan lokal Budaya adalah keseluruhan yang komplek yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adat istiadat dan kemampuan yang lain, serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Terciptanya budaya tidak lepas dari proses interaksi sosial baik antara individu, antar kelompok, ataupun individu dengan kelompok. Interkasi sosial merupakan realitas paling nyata dalam kehidupan manusia Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana upaya guru menginternalisasi nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) upaya guru menginternalisasi nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal di MTs. Kebunrejo yaitu melalui proses pembelajaran dikelas yang mencakup tiga tahap kegiatan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 2) Upaya guru dalam menginternalisasi budaya lokal di MTs. Kebunrejo yaitu dengan memasukkan budaya lokal melalui materi pembelajaran yang sedang diajarkan dan mengikut sertakan siswa dalam acara kebudayaan seperti menarikan tarian gandrung dalam festival yang ada di kecamatan dan kabupaten serta mengikuti kegiatan kebudayaan yang ada di sekolahnya.Kata kunci: Upaya guru, Nilai kebudayaan lokal Budaya adalah keseluruhan yang komplek yang di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adat istiadat dan kemampuan yang lain, serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Terciptanya budaya tidak lepas dari proses interaksi sosial baik antara individu, antar kelompok, ataupun individu dengan kelompok. Interkasi sosial merupakan realitas paling nyata dalam kehidupan manusia Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana upaya guru menginternalisasi nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) upaya guru menginternalisasi nilai kebudayaan lokal melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs. Kebunrejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Upaya guru dalam melestarikan nilai kebudayaan lokal di MTs. Kebunrejo yaitu melalui proses pembelajaran dikelas yang mencakup tiga tahap kegiatan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 2) Upaya guru dalam menginternalisasi budaya lokal di MTs. Kebunrejo yaitu dengan memasukkan budaya lokal melalui materi pembelajaran yang sedang diajarkan dan mengikut sertakan siswa dalam acara kebudayaan seperti menarikan tarian gandrung dalam festival yang ada di kecamatan dan kabupaten serta mengikuti kegiatan kebudayaan yang ada di sekolahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 May 2023 20:53
Last Modified: 08 May 2023 20:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23208

Actions (login required)

View Item View Item