Nur Khothib Muchammad, Nur Khothib Muchammad (2023) INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DAILY VLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 JATIROTO. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
Text
NUR KHOTHIB MUCHAMMAD T20191024 WTM.pdf Download (5MB) |
Abstract
Muchammad. Nur Khothib, 2023: Inovasi Media Pembelajaran Daily Vlog Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 02 Jatiroto
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Daily Vlog, Kreatifitas Belajar.
Berdasarakan fakta yang penulis temui di lokasi penelitian, lebih tepatnya di SMPN 02 Jatiroto, terdapat suatu hal yang menarik terkait pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yakni inovasi dari penggunaan media video pembelajaran berupa video vlog. Penulis tertarik dengan keunikan yang ada pada lokasi penelitian ini dikarenakan inovasi yang dilakukan oleh guru-guru SMPN 02 Jatiroto terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam era society 5.0 teknologi sudah dijadikan media pembelajaran oleh para pendidik. Oleh karena itu, dalam mempersiapkan revolusi pendidikan, tenaga pendidik dituntut untuk lebih inovatif dan dinamis dalam mengajar di kelas, maka di SMPN 02 Jatiroto menginovasikan media pembelajaran Daily Vlog dalam meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam.
fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana desain inovasi media pembelajaran daily vlog dalam meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Jatiroto?, 2) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran daily vlog dalam meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Jatiroto? 3)Apa saja faktor yang mempengaruhi media pembelajaran daily vlog dalam meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Jatiroto?.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskrisikan desain inovasi media pembelajaran daily vlog dalam meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Jatiroto. 2) Mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran daily vlog dalam meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Jatiroto. 3)Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi media pembelajaran daily vlog dalam meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Jatiroto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, pengambilan subjek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan komponen dalam Miles Huberman yakni kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu
Temuan dalam penelitian ini antara lain : 1. Desain media pembelajaran daily vlog yang diterapkan di SMPN 02 Jatiroto sangat memperhatikan Cognitive Load ( kapasitas kognitif), Student Engagement (keterlibatan siswa), Active Learnig Together ( aktif belajar bersama). 2. Pemafaatan dalam menggunakan media daily vlog di SMPN 02 Jatiroto tidak terlepas dari perencanaan memuat RPP, pelaksanaan, dan evaluasi. Tingkat kreativtas disiswa yang muncul setelah menggunakan media daily vlog adalah siswa memiliki rasa keingintahuan yang besar untuk membuat video tersebut,sering mencoba hal-hal yang baru dalam pembuatan video, keterampilan berbicara di depan kamera.3. Faktor yang mempengaruhi dalam inovasi media pembelajaran daily vlog adalah guru, siswa, sarana dan prasarana, jaringan internet, komputer, handphone.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NUR KHOTHIB MUCHAMMAD |
Date Deposited: | 09 May 2023 02:27 |
Last Modified: | 09 May 2023 02:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23216 |
Actions (login required)
View Item |