Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas VII SMP/MTs.

Chory, Jefry Albu (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jefry Albu Chory_T201710041.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, STEM Pembelajaran dikelas sangat membutuhkan media bahan ajar. Bahan ajar yang dimaksudkan berupa buku bahan ajar sesuai dengan kurikulum 2013. Pembelajaran berpusat pada siswa untuk belajar secara mandiri. Sumber belajar tidak hanya buku paket saja melainkan ada sumber belajar lain guna memenuhi kebutuhan belajar. Bahan ajar diperlukan terutama yang berbasis STEM. Bahan ajar berbasis STEM menjadi solusi belajar untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan. Materi yang sulit dipahami siswa SMP/MTs, yaitu klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs. Penelitian pengembangan bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) materi klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs ini bertujuan untuk menguji kevalidan produk bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) materi kalasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs menurut penilaian ahli dan untuk mengetahui respon siswa terhadap hasil produk bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) materi klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Peneliti sampai tahap pengembangan atau sampai tahap uji produk bahan ajar yang dikembangkan. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) materi klasifikasi materi dan perubahannya kelas VII SMP/MTs menunjukkan bahwa bahan ajar valid digunakan dengan baik dan penilaian bahan ajar berbasis STEM oleh para ahli materi sebesar 92,5% kelayakan isi, 96,8% kelayakan penyajian, 100% kebahasaan, dan 96,4% ahli media. Sehingga diperoleh hasil persentase sebesar 96,4% dikatakan sangat valid. Uji skala kecil memperoleh persentase sebesar 83,0% dengan kategori sangat valid dan uji skala besar memperoleh persentase 84,1% dikatakan sangat valid tanpa revisi. Kesimpulan dari penelitian ini bahan ajar berbasis STEM dapat digunakan sebagai bahan ajar materi klasifikasi materi dan perubahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 02:39
Last Modified: 09 May 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item