Hubungan Antara Fenomena Phubbing Dan Keterampilan Interpersonal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Jember.

Nisa, Khoirotun (2021) Hubungan Antara Fenomena Phubbing Dan Keterampilan Interpersonal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirotun Nisa_D20163079.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Phubbing, keterampilan Interpersonal Phubbing adalah perilaku mengabaikan seseorang dalam lingkungan sosial dengan mengalihkan perhatian pada telepon atau gadget, mungkin untuk mengecek Facebook, Whatsapp, ataupun aplikasi Chatting lainnya. Phubbing jika dilakukan sekali dua kali mungkin masih bisa ditoleran bagi pasangan atau teman, namun jika konsisten dilakukan beresiko merusak kualitas hubungan. Akibat dari adanya fenomena phubbing tersebut seseorang yang biasanya melakukan antara pribadi seseorang dengan pribadi orang lain dengan bersama malah sebaliknya, bahkan bisa dikatakan hubungan interpersonalnnya menurun. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui (1) hubungan anatar fenomena phubbing dan keterampilan interpersonal mahasiswa bimbingan dan konseling islam institut agama islam negeri jember. (2) untuk mengetahui sejauhmana hubungan fenomena phubbing dan terempilan interpersonal mahasiswa bimbingan dan konseling islam institut agama islam negeri jember. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam, dan diambil sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebar angket skala likert melalui google form. Data yang diperoleh menggunakan angket skala likert kemudian dilakukan pengujian analisis korelasi product momen pearson dengan menggunakan program SPSS 16.00 For Windows. Hasil penelitian yang peneliti temukan adalah dengan hasil perhitungan korelasi product moment pearson yaitu, 1) Terdapat hubungan yang positif antara phubbing dan keterampilan interpersonal. Dengan nilai p(sig) 0,000<0,05, Kemudian perilaku phubbing yang dilakukan sebesar 68% berpengaruh pada keterampilan interpersonal mahasiswa bimbingan dan konseling islam, sedangkan 32% lainnya dipengaruhi oleh faktor yang lainnya. 2)Hasil dari perhitungan korelasi product moment pearson diperoleh nilai koefisien korelasi pada hubungan variabel phubbing dan variabel keterampilan interpersonal sebesar 0,680 yang mana dengan melihat tabel koefisien korelasi hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa kedua variabel memiliki hubungan positif yang kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 02:39
Last Modified: 09 May 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23228

Actions (login required)

View Item View Item